Beranda Advetorial Hadiri Acara Wisuda STISIP Setia Budhi Rangkabitung, Airin Rachmi Diany Berikan Orasi...

Hadiri Acara Wisuda STISIP Setia Budhi Rangkabitung, Airin Rachmi Diany Berikan Orasi Ilmiah

BERBAGI

BERITATANGSEL.COM- Mantan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany secara resmi memberikan orasi ilmiah, pada acara Wisuda Sarjana ke XV di Sekolah Tinggi Ilmu Politik (STISIP) Setia Budhi, Rangkasbitung yang berlangsung di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Selasa (29/11).

Dalam acara tersebut, Airin Rachmi Diany memberikan banyak motivasi kepada mahasiswa yang diwisuda, agar bersiap untuk lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Airin berpandangan bahwa, lulusan STISIP Setia Budhi Rangkasbitung, harus berada pada jalur yang benar, dalam upaya meraih cita-cita dan harapan sebagai individu, maupun kewajiban individu wisudawan sebagai bagian dari integral dari masyarakat.

“Tantangan masa depan, semakin sulit ditebak. Apakah pendidikan yang kita terima mampu menjawab semua tantangan itu,” kata Airin, Selasa (29/11) di hadapan para senat dan lulusan STISIP Setia Budhi yang diwisuda.

Selain itu, Ketua Pengurus Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) itu menjelaskan bahwa, tidak semua orang dapat merasakan capaian tinggi dalam dunia pendidikan, baik menjadi mahasiswa maupun di wisuda.

“Di luar sana, masih banyak orang yang ingin kuliah tapi terkendala biaya, waktu dan pekerjaan. Namun kabar gembiranya, teman-teman hadir dan duduk di sini menerima sebuah kehormatan yang tiada tara, yaitu menjadi wisudawan wisudawati. Bahkan secara resmi menerima gelar sarjana,” jelas Airin Rachmi Diany.

Tidak hanya itu, Airin dalam acara tersebut juga berbagi pengalaman pada saat dirinya diwisuda menjadi sarjana. Dimana yang paling Airin rasakan yakni, adanya kelegaan kedua orang tua.

“Yang paling saya rasakan adalah, kelegaan kedua orang tua saya, ketika saya berhasil menempuh Pendidikan tinggi dengan baik. Saya berhutang jasa dan rasa terhadap mereka. Saya tidak bisa mengecewakan mimpi dan harapan yang diberikan kepada saya,” katanya.

Baca Juga :  Investasi Tangsel Capai 29 Triliun
Airin Rachmi Diany, Saat memberikan orasi ilmiah diacara wisuda ke XV Sekolah Tinggi Ilmu Politik (STISIP) Setia Budhi, Rangkasbitung di Hotel Ratu, Kota Serang, Baten, Selasa (29/11). Mantan Walikota Tangerang Selatan, selama dua periode itu juga memberikan motivasi kepada lulusan STISIP untuk bagaimana bisa memanfaatkan ilmunya ditengah-tengah masyarakat, lingkungan kerja dan keluarga. (Foto Istimewa/Haji Merah)

Namun demikian, Airin juga menjelaskan bahwa, fase wisuda dan kemudian menjadi Sarjana, merupakan titik awal dimulainya kehidupan dalam dunia nyata.

“Saya titip pesan untuk para wisudawan-wisudawati. Banten membutuhkan anda sebagai sarjana. Karena kunci kemajuan sebuah daerah adalah sumber daya manusianya yang berkualitas. Jadilah lulusan yang menerapkan nilai-nilai good governance dalam setiap pengabdian di tempat mana pun,” terangnya.

Kepada para wisudawan dan wisudawati, Airin Rachmi Diany berharap bahwa, para sarjana STISIP Setia Budhi dapat menerapkan ilmu yang diraih pada saat dibangku kuliah, untuk bagaimana diterapkan dilingkungan kerja, masyarakat maupun keluarga.

“Karena, mereka yang memiliki pengetahuan lebih unggul dalam menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat yang mendesak. Masyarakat tidak bisa menunggu, mereka butuh peran-peran nyata dalam kebutuhan yang paling mendasar, yaitu pelayanan publik yang baik,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Airin Rachmi Diany juga memberikan catatan yang menyentuh hati para lulusan yang diwisuda.

“Bila nanti anda jadi seorang birokrat, maka jadilah birokrat yang memiliki integritas tinggi. Bila anda seorang leader, jadilah pemimpin yang membawa perubahan. Bila anda berniat jadi politisi, maka jadilah politisi yang memiliki tujuan mulia.” tambah Airin.

“Karena sejatinya politik adalah seni mengelola kekuasaan untuk kebermanfaatan masyarakat,” papar Airin, seraya menyampaikan ucapan Jendral Polisi (Purn) Hoegeng Imam Santoso yaitu “Baik menjadi orang penting, tetapi jauh lebih penting menjadi orang baik,” pungkasnya.(Haji Merah)