Beranda Berita Terkini Lokasi Vaksin Booster Kedua Lansia Tangerang Selatan: Syarat, Jadwal, dan Jenis Vaksin

Lokasi Vaksin Booster Kedua Lansia Tangerang Selatan: Syarat, Jadwal, dan Jenis Vaksin

BERBAGI

TANGSEL, BERITATANGSEL.COM – Daftar lokasi vaksin booster kedua lansia Tangerang Selatan perlu untuk diketahui. Meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia, membuat pemerintah gerak cepat untuk mengizinkan suntikan keempat atau booster kedua untuk para lansia.

Selain itu, pemerintah juga memprioritaskan pemberian vaksin booster bagi lansia untuk menekan angka kematian akibat subvarian baru Omicron XBB dan BQ.1. Pasalnya dari keseluruhan total kasus kematian, sekitar lebih dari 50 persen didominasi oleh kelompok usia lanjut.

Juru bicara Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril menjelaskan bahwa vaksinasi COVID-19 booster kedua untuk lansia bisa diberikan sekurang-kurangnya 6 bulan sejak booster pertama diberikan.

Begitu juga bagi penyintas COVID perlu menunggu setidaknya beberapa minggu untuk memaksimalkan efek perlindungan dari suntikan booster.

“Jarak minimal 1 bulan (usai dinyatakan negatif COVID),” kata Kepala Biro Komunikasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi kepada detikcom, Kamis (24/11/2022).

Di sisi lain, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta agar vaksin COVID-19 yang digunakan sebagai booster adalah vaksin produksi dalam negeri yakni IndoVac. Diketahui, berbasis platform subunit protein dan dikembangkan oleh PT Bio Farma bersama Baylor College of Medicine. Vaksin ini telah beroleh izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dan diperuntukkan usia 18 tahun ke atas.

Lokasi Vaksin Booster Kedua Lansia
RSUD Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan

Lokasi

Jl. Raya Pondok Betung, Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren

Jadwal

Senin-Sabtu

Pukul 08.00-10.00

Syarat

Fotokopi KTP/KK

Sudah memiliki e-ticket PeduliLindungi

Pemberian vaksin booster minimal berjarak 3 bulan dari vaksin ke-2

Vaksin untuk usia di atas 12 tahun dan lanjut usia (lansia)

Keterangan

Melayani vaksin ke-1, vaksin ke-2, vaksin booster ke-1, dan vaksin booster ke-2 (untuk lansia)

Baca Juga :  Optimalkan Penyebaran Informasi di Media Sosial, Diskominfo Bersama Kecamatan Pondok Aren Adakan Bimbingan Teknis Kehumasan

Jenis vaksin pfizer dan indovac