Beranda Berita Photo Percepat Pengendalian Banjir, Wakil Walikota Tangsel. Tinjau Pembangunan Kolam Retensi di Kampung...

Percepat Pengendalian Banjir, Wakil Walikota Tangsel. Tinjau Pembangunan Kolam Retensi di Kampung Bulak

BERBAGI

PONDOK AREN, Beritatangsel.com – Untuk memastikan percepatan dalam pengendalian banjir, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan meninjau langsung kondisi terkini pembangunan kolam retensi (Polder) dan turap yang berada di Kampung Bulak, Kelurahan Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, (Tangsel).

Peninjauan ini selain bertujuan untuk melihat kondisi sejumlah pembangunan, juga termasuk rangkaian dari upaya percepatan penanganan banjir di Tangsel. Dimana, termasuk ke dalam 15 titik fokus pembangunan penanganan banjir di tahun 2022.

“Insyaallah kalau tidak terkendala dengan hujan, bulan November ini pekerjaan akan segera rampung dan pembangunan akan terus berlanjut hingga ke hilir. Tantangan yang dihadapi saat ini, perlu dukungan dan doa dari berbagai pihak termasuk dari masyarakat untuk kelancaran pembangunan.” kata Pilar, Selasa (25/10/2022).

Pilar menjelaskan kelima belas titik yang akan menjadi fokus pengendalian banjir diantaranya yang ada di wilayah Pondok Kacang Timur. Mulai dari pembangunan prasarana kolam retensi dan benteng (turap) disekitar kali yang melintas di Perumahan Pondok Maharta dan drainase di beberapa lokasi

Pilar meyakini dengan pembangunan prasarana pengendalian banjir ini, akan berdampak terhadap pengurangan titik genangan yang terjadi di Perumahan Maharta dan sekitarnya yang berasal dari kiriman sehingga kali Serua yang melintas meluap.

“Melihat kondisi di Kampung Bulak merupakan cekungan dan rendah sehingga mengalami banjir. Diharapkan dengan adanya Polder yang luasnya sekitar 700 meter dengan kedalaman 4 meter, bisa menampung dan terkendali,” ujarnya.

Kedatangan Wakil Walikota Tangsel didampingi kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Robby Cahyadi dan Camat Pondok Aren Hendra, Lurah Pondok Kacang Timur Murtado dan unsur lainnya dan dikerjakan oleh CV. Bangun Dafa Jaya Bersumber dari APBD Tahun 2022.

Baca Juga :  Jembatan Diwilayah Kademangan Ambles, Akses Dua Desa Terputus

Dijelaskan Camat Pondok Aren Hendra didampingi lurah Pondok Kacang Timur Murtado, pembangunan tersebut merupakan Polder & Kolam Retensi berfungsi sebagai penampungan. Lahannya merupakan hibah dari pengembang Jaya Real Property (JRP) Bintaro seluas kurang lebih 1000 meter. Untuk pengerjaan konstruksi tandon, sepenuhnya berada di DSDAMBK Tangsel.

“Informasinya pembangunan kolam atau tandon nantinya disertai sistem pompa pembuang air diperkuat dengan benteng (turap) untuk penahan air dan dilengkapi Joging Track, sebagai sarana olahraga. Anggaran pembangunannya mencapai 5,7 miliar, dari APBD tahun 2022.” kata Hendra. (Abah Ade).