Beranda Berita Photo Lurah Pondok Kacang Timur Murtado. Resmikan Bank Sampah ‘Berseri’ Di Villa Bintaro...

Lurah Pondok Kacang Timur Murtado. Resmikan Bank Sampah ‘Berseri’ Di Villa Bintaro Regency

BERBAGI

PONDOK AREN, Beritatangsel.com – Lurah Pondok Kacang Timur Murtado memberikan suport dan dukungan kepada ketua RT 02 Dini Darmini yang terus berupaya menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan Asri dengan membentuk Bank sampah, meski masih ada kontroversi dari warga, terkait dengan pemahaman tentang manfaat pengelolaan Bank Sampah.

Hal ini, disampaikan Lurah Pondok Kacang Timur Murtado, saat menghadiri peresmian Bank sampah ‘Berseri’ (Bersih, Sehat & Asri) dilingkungan RT 02/012 Perumahan Villa Bintaro Regency (VBR), Kelurahan Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangsel, Sabtu (22/10/2022).

Menurutnya, Bank sampah salah satu, program pemerintah berdasarkan Peraturan Daerah Kota Tangerang Selatan Nomor 3 tahun 2019 tentang pengelolaan sampah. Dengan terbentuk Bank sampah ‘Berserii’ diharapkan selain menciptakan lingkungan bersih juga diharapkan menjadi nilai ekonomis juga mengurangi volume yang diangkut petugas ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Kami atas nama Pemerintah menyampaikan apreasi kepada ibu Dini Darmini selaku ketua RT 02, juga selaku pelopor dilingkungan perumahan VBR. Dan diharapkan dijadikan contoh untuk pengurus RT yang lainnya, bahkan target saya sebagai lurah, dari 12 RT di VBR harus ada Bank sampah ” kata Murtado.

Dalam kesempatan itu Murtado berharap, dengan pengurus RW 012 yang belum lama terpilih, bisa menciptakan perubahan sesuai dengan komitmen ‘Melangkah Maju Bersama’ untuk menciptakan lingkungan di perumahan Villa Bintaro Regency yang rukun, guyub dan damai dan sejahtera.

“Saya berharap, apapun bentuk permasalahan atau kegiatan yang bersifat demi kepentingan masyarakat, tentunya kita harus sama-sama mengedepankan niat yang ikhlas. Sebaiknya warga harus bersyukur, fasilitas umum dan fasos yang ada di VBR cukup potensi untuk dikelola, tentunya didasari musyawarah dan komunikasi serta koordinasi dengan berbagai pihak,” ujarnya.

Baca Juga :  Cara Irjen Dedi Rawat Mental Pegawai Negeri Polri Guna Cegah Aksi Bunuh Diri

Ketua RT 02 Dini Darmini menjelaskan, pembentukan Bank sampah ‘Berseri’ merupakan program dan hasil musyawarah warga dilingkunga RT 02 untuk mengatasi permasalah sampah rumah tangga yang sering menuai masalah selain menciptakan lingkungan bersih, Sehat dan Asri.

“Alhamdulilah, dengan proses panjang dan dukungan dari dinas lingkungan hidup dan berbagai pihak dan antusias warga sebagai wujud kebersamaan banyak yang hadir, sehingga hari ini Bank sampah ‘Berseri’ diresmikan oleh pak lurah dan disaksikan dari perwakilan dinas lingkungan hidup kota Tangsel,” kata Dini, penuh semangat.

Dini Darmini menambahkan, melalui bank sampah, ia mengajak warga untuk memilah dan memilih sampah menjadi beberapa kelompok. Antara lain sampah organik, seperti plastik, logam, kardus dan lainnya bisa dijual dan non organik seperti bekas sayuran bisa dijadikan kompos bahkan bekas minyak goreng (jelantah) juga bisa ditampung dan dijual.

Menurutnya, pemilahan sampah, membutuhkan orang yang telaten. Peran ini sangat cocok dengan karakter yang dimiliki oleh perempuan sebagai ibu rumah tangga yang nantinya menjadi nasabah. Setelah terkumpul bisa dibawa ke Bank sampah untuk di tabung dari hasil penjualan sesuai dengan tabel harga barang yang dibawa.

Sampah yang telah dipilah nasabah kata Dini, “Selanjutnya dibeli langsung oleh pengepul dan hasilnya digunakan untuk kepentingan lingkungan seperti pembuatan dan taman, atau sebagai tabungan yang dibagikan saat menjelang Hari Raya dan kebutuhan sosial kemasyarakatan lainnya,” jelasnya. (Abah Ade).