Beranda Advetorial Wakil Walikota Tangsel Resmikan Pos Gizi Lavender di Pondok Kacang Timur

Wakil Walikota Tangsel Resmikan Pos Gizi Lavender di Pondok Kacang Timur

BERBAGI

PONDOK AREN, Beritatangsel.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus menggenjot penurunan dan penanganan angka kasus stunting. Salah satunya dengan menambah lokasi khusus penanganan stunting di setiap kelurahan. Hal ini disampaikan wakil Walikota Tangsel, saat meresmikan Pos Gizi ‘Lavender’ di Kampung Kebon Manggis RT 02/04, Kelurahan Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Tangsel, Senin (17/10/2022).

Perlu diketahui bahwa Stunting merupakan masalah yang strategis karena menyangkut eksistensi bangsa ke depan. Permasalahan stunting diharapkan dapat ditangani sesuai target yaitu penurunan prevalensi stunting 14 persen di tahun 2024, bisa bermanfaat bagi bangsa, dengan lahirnya generasi produktif.

“Jangan sampai pertumbuhan generasi muda kita yang cepat menjadi bencana karena mereka tidak sehat, kurang terdidik dan terlatih, sehingga menjadi Sumber Daya Manusia yang kurang unggul, kurang telatih, kurang kompetitif sehingga menjadi beban negara,” kata Pilar.

Pilar menjelaskan, Kota Tangsel sudah membentuk tim percepatan penurunan stunting dari tingkat kota sampai ke tingkat kelurahan, juga dibentuk tim pendampingan keluarga jumlahnya 3.129 orang, terdiri dari tenaga medis, kader kesehatan dan lainnya.

“Dengan adanya penambahan Pos Gizi yang ada di Kelurahan Pondok Kacang Timur, maka diharapkan dapat mendukung pencapaian penurunan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada 2024. Dari 54 Kelurahan, sekarang ada 42 Pos Gizi) di Tangsel,” ujarnya.

Ketua tim penggerak PKK Kelurahan Pondok Kacang Timur Annisa Taufani menjelaskan, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan (hpk). Kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama serta terjadinya infeksi berulang.

“Untuk itu, penurunan dan pencegahan stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan. Kami sepakat dan komitmen bersama tim kesehatan dari Puskesmas, terus berupaya melakukan edukasi kepada ibu-ibu hamil, untuk rutin melakukan pemeriksaan kesetiaan Posyandu terdekat,” kata Annisa, sekaligus sebagai ketua Pos Gizi ‘Lavender’

Baca Juga :  Arus Lalin Gerbang Tol Pamulang Direkayasa Imbas Pembangunan Ruas Tol Serpong-Cinere

Dalam kesempatan yang sama Lurah Pondok Kacang Timur Murtado mengatakan, pihaknya akan mendukung dan memfasilitasi, kebutuhan adanya Pos Gizi yang diresmikan wakil Walikota, bahkan akan diusulkan secara prioritas di Musrenbang ditahun 2023 yang akan datang.

“Penanganan stunting merupakan investasi pembangunan jangka panjang bidang sumber daya manusia. Insya Allah, selain penangan banjir, salah satu target usulan skala prioritas di Musrenbang tahun anggaran 2023 untuk kebutuhan adanya Pos Gizi yang baru diresmikan,” kata Murtado. (Abah Ade).