Beranda Berita Photo Ratusan Elemen Masyarakat di Tangsel Hadiri Edukasi Publik Bank Indonesia

Ratusan Elemen Masyarakat di Tangsel Hadiri Edukasi Publik Bank Indonesia

BERBAGI

Tangerang Selatan, Beritatangsel.com — Ratusan Elemen masyarakat di Kota Tangerang Selatan menghadiri edukasi publik Bank Indonesia yang dilaksanakan di GOR Badminton Wijaya Kusuma, Jalan Tomat I, Kelurahan Pondok Cabe Ilir, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. pada Kamis (15/09/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan Forum Silaturahmi Masyarakat Cempaka Putih Ciputat Timur (FOSMAC) yang diketuai oleh H. Jaelani juga dihadiri secara langsung Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Gunawan dan Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar, H. Andi Achmad Dara, S.E,. M.AP.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Gunawan mengatakan bahwa edukasi publik ini merupakan salah satu program kami yang dilaksanakan bersama – sama dengan Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar, H. Andi Achmad Dara untuk mengedukasi masyarakat mengenai kebijakan Bank Indonesia.

“Hari ini kami mengusung tema peran Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas sistem keuangan,” kata Gunawan.

Kami memberikan informasi mengenai ciri – ciri keaslian rupiah jadi memang ini kami coba untuk memberikan materinya supaya bisa menyentuh hal – hal yang memang bersinggungan langsung dengan kebutuhan masyarakat terkait dengan pengetahuan mengenai peran dan tugasnya Bank Indonesia, Ujar Gunawan.

Kemudian juga stabilitas sistem keuangan tadi juga kami sudah sampaikan juga terkait dengan bagaimana pengenalan ciri – ciri keaslian uang rupiah supaya masyarakat bisa lebih paham kalau mereka menerima atau bertransaksi menggunakan uang tunai mereka bisa mendeteksi secara sendiri secara cepat uang yang mereka terima itu apakah uang asli atau tidak asli, tambahnya.

Gunawan menjelaskan dalam kegiatan ini memberikan edukasi terhadap masyarakat agar bisa mendeteksi uang yang diterima itu asli atau tidak asli jadi ini pengetahuan yang basic yang dasar ini perlu dipahami masyarakat sehingga tidak ada lagi kejadian masyarakat yang tertipu karena transaksi dengan uang yang tidak asli.

Baca Juga :  Tak Terima Korban Pembunuhan Yang Jasadnya Dimasukan Dalam Box Dibilang PSK, Keluarga lakukan Klarifikasi

Salah satu upaya program kami dalam pemberdayaan masyarakat dalam hal ini dengan Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar, H. Andi Achmad Dara, S.E,. M.AP.

Kami mengambil peran Bank Indonesia dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat kita tidak hanya di dalam edukasi tapi juga pengembangan UMKM dilakukan secara bersama-sama bersinergi dengan beliau dengan masyarakat.

Pengetahuan masyarakat terhadap bagaimana sistem keuangan pengenalan terhadap bank Indonesia kemudian juga program – program dan kebijakan Bank Indonesia kemudian terhadap permasalahan – masalahan yang dihadapi masyarakat dan bagaimana Bank Indonesia bisa membantu untuk menyelesaikan permasalahan masalah dari masyarakat itu semakin baik.

Salah satunya keaslian uang yang baru itu perlu diketahui masyarakat secara luas ada uang baru ciri – cirinya seperti ini dan ini ciri – cirinya seperti ini yang dihadapi sehari – hari di masyarakat dengan bertambahnya pengetahuan mereka jadi mereka bisa tidak mudah untuk dipermainkan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab tentang transaksi yang menggunakan uang tunai.

Menurut Gunawan, program seperti ini sangat bagus yaa kita bisa bertemu langsung dengan masyarakat di forum seperti ini jadi kita bisa berhadapan langsung kita mengali informasi dan mengambil masukan dari masyarakat terkait permasalahan – permasalahan apa yang seperti tadi disampaikan mengenai Bank Keliling sebenernya itu bukan bank karena kalau bank itu kan harus memenuhi dua fungsi yaitu menghimpun dan menyalurkan.

“Ada beberapa pertanyaan yang disampaikan masyarakat bisa menjadi masukan juga bagi kami nanti kalau nanti bertemu dengan Lembaga, Instansi dan Otoritas yang berwenang,” ujar Gunawan.

“Kami akan sampaikan juga permasalahan yang ada di masyarakat yang kami peroleh dengan pertemuan kami secara langsung terhadap masyarakat seperti ini nanti apa upaya bersama untuk bisa mengatasinya,” ungkap Gunawan.

Baca Juga :  Wakil Wali Kota Tangsel Apresiasi Indah Kiat Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng

Sementara Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar, H. Andi Achmad Dara, S.E,. M.AP. mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalam rangka edukasi kepada masyarakat bagaimana sistem keuangan.

Kegiatan yang berkaitan terhadap bagaimana membedakan uang asli dengan uang palsu memang Bank Indonesia sebagai mitra kami di komisi XI ini selalu melakukan kegiatan kegiatan edukasi dalam rangka memberikan pengetahuan kepada masyarakat, kata Andi.

Kami juga tahu bahwa perkembangan perbankan itu cukup cepat digitalisasi ya jadi masyarakat harus tahu dasar – dasar pengetahuan tentang keuangan, ujar Andi.

Andi berharap kegiatan – kegiatan berikutnya Bank Indonesia dengan kami bersama – sama untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat.

Sementara H. Jamaluddin mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia yang sudah memberikan edukasi publik terhadap masyarakat mengenai peran Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

Penyelenggaraan dari kegiatan ini adalah Forum Silaturahmi Masyarakat Cempaka Putih Ciputat Timur (FOSMAC) yang di ketuai oleh H Jaelani. kemudian beliau mengundang elemen masyarakat mulai dari seluruh ketua RT, ojek online dan beberapa pelaku UMKM yang diundang untuk menghadiri. Ada juga perwakilan dari majelis taklim, guru ngaji dan tokoh masyarakat dari tiga kecamatan Ciputat timur, Ciputat dan Pamulang. ada juga perwakilan dari Pondok Aren, Ujar Jamaluddin.

“Alhamdulillah lebih dari 300 orang yang hadir dalam kegiatan ini hingga berjalan dengan lancar,” ungkap Jamaluddin.

“Kami berharap mudah-mudahan dengan adanya kegiatan edukasi pembelajaran ini menjadi lebih baik untuk masyarakat Kota Tangerang Selatan,” tutup Jamaluddin.

(Alan pratama)