Beranda Advetorial Head To Head” Rano Karno Versus Airin di Pilkada Banten, Siapa Unggul?...

Head To Head” Rano Karno Versus Airin di Pilkada Banten, Siapa Unggul? Pengamat Bilang Begini

BERBAGI

BANTEN, Beritatangsel.com – Perbincangan politik antar pengamat dalam merespon perhelatan Pilkada Banten 2024 lumayan bergemuruh, setelah DPD Partai Golkar Provinsi Banten, secara resmi menurunkan Airin Rachmi Diany, untuk dipasang menjadi Calon Gubernur Banten pada Pilkada 2024 mendatang.

Perhelatan Pilkada Banten 2024 masih lumayan lama, namun perbincangan mengenai siapa yang akan maju dan figur mana yang akan unggul dalam kontestasi ini, cukup ramai dibicarakan dan menjadi topik ngopi para penggossip politik.

Arah isu langsung menuju pada bagaimana hasil Pilkada, bila Airin Rachmi Diany bertarung melawan Rano Karno yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Banten di era Ratu Atut Chosiyah, yang sebelumnya diprediksi akan kembali diturunkan oleh PDI Perjuangan, pada Pilkada Banten 2024.

Pertarungan keduanya dianggap sebagai kontes figur populer. Rano Karno adalah aktor tiga zaman dan politisi PDI Perjuangan, sementara Airin Rachmi Diany adalah Puteri Indonesia dan politisi partai Golkar.

Ketua Forum Demokrasi Digital Indonesia, Husnul Khotimah, saat diminta komentar mengenai kemungkinan bertarungnya kedua figur itu menilai bahwa, kontestasi akan sangat seru dan pastinya akan menguras tenaga kreatif dari kedua pihak untuk membuat berbagai macam konten kampanye yang menarik.

Hal itu, kata Khusnul, karena keduanya adalah media darling. Menurutnya, dua figur tersebut mempunyai daya pikat secara langsung, dimana kehadiran Airin Rachmi Diany atau Rano Karno di masyarakat, akan menjadi magnet dan mampuh mendapat perhatian serta reaksi ingin dekat, bahkan berebut ingin foto berdampingan.

“Airin dan Rano sama-sama menarik. Keduanya bisa dibilang politisi artis. Kalau sama-sama mau turun ke masyarakat secara langsung, mau bersapa dan tatap muka dengan rakyat di pemukiman dan kampung-kampung, saya rasa popularitas mereka berdua akan seimbang.” kata Husnul, kepada awak media, Senin (12/09).

Baca Juga :  Temukan Sensasi Berbeda Minum Kopi di Kalme Coffee

“Akseptabilitas juga mungkin akan sama-sama tinggi. Tinggal soal elektabilitas saya kira yang akan ditentukan oleh program kerja dan hajat publik apa yang bisa dipenuhi,” terangnya.

Saat wartawan bertanya mengenai siapa yang akan unggul apabila keduanya bertarung secara head to head ?

Husnul yang juga pengamat Pilkada itu memprediksi, pertarungan akan kompetitif dan hasilnya akan tipis. Paling tidak akan sama dengan Pilkada Banten yang lalu dimana Rano Karno kalah tipis oleh keponakan Airin, Andika Hazrumy.

Menurutnya, apabila Airin Rachmi Diany mampu mengkonsolidasi kekuatan pendukung Andika Hazrumy yang merupakan putra Ratu Atut dan mampu memanfaatkan rentang waktu yang lumayan panjang sampai ke hari pencoblosan, peluang menang Airin akan lebih tinggi dari Rano.

“Jika head to head ya, Rano lawan Airin. Saya kira Rano harus belajar banyak dari kekalahannya di pilkada lalu. Kalah turun ke masyarakat misalnya bisa memberi kontribusi bagi kemenangan Airin.” terangnya.

“Tapi kalau sama-sama bergerak aktif, sama-sama kampanye secara konsisten dan sama-sama mampu menjual program ke pemilih, pertarungan akan sangat menarik, pilgub Banten akan menyita perhatian nasional walau saat yang sama seluruh daerah di Indonesia juga sedang menggelar Pilkada,” tutup Husnul. (Haji Merah)