Beranda Berita Photo Lurah Pondok Kacang Timur. Serahkan Piala Lomba Kebersihan Lingkungan Asri di Villa...

Lurah Pondok Kacang Timur. Serahkan Piala Lomba Kebersihan Lingkungan Asri di Villa Bintaro Regency

BERBAGI

PONDOK AREN, Beritatangsel.com – Lingkungan yang bersih dan sehat tentu tak akan tercipta bila warga tidak berperan aktif dan hanya mengandalkan petugas, meski sudah membayar iuran dimasing- masing RT, tentunya tidak akan maksimal. Masalah kebersihan merupakan tanggung jawab bersama, tentunya dituntut masyarakat juga harus peduli.

Hal ini, disampaikan, Lurah Pondok Kacang Timur Murtado, saat mengumumkan pemenang dan meyerahkan piala Trophy bergilir kepada para juara dalam lomba kebersihan tingkat RT, bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekan RI Ke 77 yang digelar di Villa Bintaro Regency (VBR), Kelurahan Pondok Kacang Timur,Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Minggu (28/08/2022).

Lurah Pondok Kacang Timur Murtado mengaku gembira dengan adanya inisiatif lomba kebersihan yang digagas oleh Chandra selaku ketua RW 012 dan berharap, kegiatan yang membawa dampak positif menjadi budaya dan dijadikan percontohan untuk wilayah lainnya.

“Kami berharap kondisi kebersihan tersebut harus selalu dijaga meski bukan dalam rangka mengikuti lomba. Jangan hanya bersih saat mau dinilai, tapi bagaimana kebersihan itu sudah menjadi kebiasaan dan budaya kita secara kolektif,” ungkapnya.

Dikatakan ketua RW 012 Chandra Purnama, lomba kebersihan lingkungan ini, merupakan rangkaian menyambut HUT Kemerdekaan RI Ke 77 tahun 2022, dengan tujuan menjalin kerjasama pengurus RT dan memotivasi warga dalam menjaga lingkungan dimasing masing RT.

“Lomba kebersihan, bukan sekedar untuk meraih juara, tapi yang paling penting kebersamaan dalam menciptakan lingkungan yang aman, bersih, Asri dan nyaman, sesuai dengan tema, ‘VBR Melangkah Maju Bersama’ ” kata Chandra

Chandra juga menjelaskan, perumahan VBR terdiri dari 12 RT dengan jumlah warga sekitar 600 Kepala Keluarga dengan nama jalan berbeda setiap Blok dan dilengkapi sarana olah raga dan kolam renang sebagai pasilitas umum terutama warga dilingkungan VBR.

Baca Juga :  BNN Tangsel Lounching Program SIS-BRO P4GN

Kriteria lomba kebersihan meliputi 4 hal, yaitu kebersihan lingkungan, tempat sampah, saluran pembuangan dan drainase dan ruang terbuka hijau. Juri langsung dari Kelurahan dan perwakilan dari Dinas lingkung Hidup secara obyektif.

 

“Hasilnya, untuk juara pertama diraih oleh RT 03, Juara Dua diraih oleh RT 06/07, dan Juara Tiga diraih oleh RT 02, mereka diberikan hadiah uang sebagai tanda terima kasih. Sedangkan Piala Trofy bergilir berada di RT 03 yang diperebutkan kembali pada tahun mendatang, ” kata Chandra.

Diketahui, untuk membantu penangan sampah, rencananya perumahan VBR akan dibentuk Bank Sampah yang dipelopori oleh Ketua RT 02 Dini Darmini. Tak hanya itu pengelolaan sampah yang efektif menurutnya juga dapat menghasilkan nilai ekonomis, dengan cara memilah sampah plastik dan lainnya yang masih bisa di daur ulang.

“Kami berharap lomba yang telah dilaksanakan seperti ini akan menjadi langkah awal terbentuknya Bank Sampah, selain bisa membantu dalam penanganan sampah. Dari sampah yang sudah dipilah, warga juga akan mendapat uang yang bisa ditabung untuk mendapatkan penghasilan,” kata Dini Darmini.