Beranda agama ICMI Tangsel Kolaborasi Dengan Rumah Kesadaran Gelar Bazar Murah Untuk Masyarakat Kota...

ICMI Tangsel Kolaborasi Dengan Rumah Kesadaran Gelar Bazar Murah Untuk Masyarakat Kota Tangsel

BERBAGI

TANGSEL, Beritatangsel.com – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) bersama Rumah Kesadaran kolaborasi menggelar bazar murah yang dilaksanakan di Jl. Utama Kodiklat TNI Buaran Serpong Tangsel. Bazar ini di gelar untuk menjaga stabilitas harga barang pokok di Kota Tangsel.

Kegiatan bazar ini berlangsung dua hari pada Sabtu dan Minggu 23-24 April 2022. Kegiatan bazar murah ini di support oleh Bank BJB dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tangsel dengan menerjunkan anggotanya, salah satunya dari UMKM IPEMI dan UMKM SALIMAH juga UMKM pemula Tangsel yang di ketahui oleh ibu Nuriyah sekaligus pengurus ICMI Orda Tangsel Bidang Kewirausahaan dan Perdagangan mengisi stand UMKM bazar tersebut. Dengan menghadirkan berbagai komoditi pasar, baik minyak, beras, daging, sayur mayur dan lainnya.

Drs. H. Benyamin Davnie (tengah)

WaliKota Tangerang Selatan Drs. H. Benyamin Davnie dan juga selaku ketua ICMI Tangsel menjelaskan bahwa bazar ini program perdana yang di laksanakan oleh pengurus ICMI Tangsel bidang koperasi di bawah pimpinan H. Warman dan Bapak Nanang, dan kolaborasi dengan IPEMI, Baznas Tangsel, dan seluruh potensi ekonomi lainnya.

“Saya kira ini momentumnya tepat ya, kita sambil mencoba mengembalikan pasar supaya normal kembali, karena kondisi covid-19 nya sudah relatif hampir sangat normal sekali,” ungkap Benyamin.

Dia menambahkan bahwa ini adalah pengabdian ICMI Tangsel Kepada masyarakat Tangsel. Insya Allah kegiatan ICMI bukan hanya ini namun akan ada kegiatan-kegiatan yang lain.

Atas kesuksesan bazar tersebut, Benyamin berharap ekonomi Tangsel meningkat, dan kebutuhan pokok masyarakat bisa terpenuhi, dan tidak kalah pentingnya harga tidak bergejolak itu target pasar kita seperti itu,” ujar Benyamin.

H. Warman

Sementar itu, Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Kota Tangsel, sekaligus Kabid Koperasi dan UMKM ICMI H. Warman menjelaskan bahwa kegiatan bazar ini dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap komoditi terutama bahan pangan.

Baca Juga :  Bocah 4 Tahun Diduga Dianiaya Ibu Tirinya Hingga Alami Luka Pendarahan

“Terdaftar kemarin sekitar 40 umkm tapi dalam satu tenda itu ada beberapa produk umkm yang bisa di gabungkan, dan bahkan ada yang lainnya yang mendukung kebutuhan masyarakat, salah satunya ada oli dan service karena mendekati lebaran masyarakat membutuhkan seperti itu dan dengan harga murah pastinya dapat diskon hingga 40%”, ungkap Warman.

Warman menambahkan setelah ini kita evaluasi dari kebutuhan masyarakat, dan bagaimana produk UKM itu bisa meningkat jadi, jangan penjualan itu-itu aja modelnya, tapi bagaimana di dorong untuk produknya bisa masuk penjualan di minimarket, super market, bahkan bisa penjualan export, itu yang kita butuhkan pembinaannya kedepan, Pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia bazar rakyat sembako murah, Nurlaila mengatakan bahwa rumah kesadaran sudah 3 tahun melakukan kegiatan bazar seperti ini, dan memang baru tahun ini bisa kaloborasi dengan ICMI Orda Tangsel.

“Menurut saya kaloborasi atau bersinergi akan lebih baik lagi, dan kebetulan ada beberapa orang yang berada dalam organisasi rumah kesadaran termasuk juga sebagai anggota ICMI salah satunya Bunda Dewi,” ujarnya Nurlaila

Nurlaila menambahkan rumah sederhana mempunyai 7 rangkaian kegiatan kedepan yaitu, santunan anak yatim dan duafa berupa paket, membagikan takjil setiap sore selama ramadhan, pelatihan anak SD, SMP & SMA, dan tausiah ramadhan sebelum sahur dan sebelum buka puasa, terutama itu untuk kegiatan alumni-alumni rumah kesadaran.

Sementara itu Bidang Kewirausahan Nuriah menjelaskan bahwa bidang kewirausahaan sudah melakukan maksimal dalam kegiatan hari ini, walaupun di kabarin mendadak, dan ICMI ini baru di lantik dan bidang koperasi dan UMKM sudah mencuri start dalam membuat kegiatan, dan alhamdulillah masyarakat juga sangat antusias dateng dan membeli produk-produk yang ada di bazar ini.

Baca Juga :  Diduga Tak Terima Penyetopan Bangunan Semi Permanen "UMKM", Orang Bos Parkir Kawasan Malibu ITC BSD, Rusak Gerobak Pedagang Dan Aniaya Penjaga Lapak

Kodrat Suwondo Bidang Koperasi dan UMKM ICMI Orda Tangsel menambahkan seperti yang sudah di sampaikan oleh Bapak Walikota Tangsel dan Kadisperindag Kota Tangsel bahwa memang bazar murah ini adalah program pertama dari ICMI Bidang Koperasi dan UMKM yang perdana.

“Sebelumnya kita sudah koordinasi dengan Bapak Walikota Tangsel Drs. H. Benyamin Davnie bahwa kami ingin mengadakan program bazar murah ini, seperti itu. Alhamdulillah di support penuh, dan pesan pak Walikota Tangsel selesai lebaran kita akan mengadakan bazar-bazar seperti ini, di beberapa titik strategis yang ada di Tangsel, waktu kemarin itu sudah di bicarakan lokasi titiknya salah satunya di Pamulang Square,” Tambahnya.

Dewi selaku anggota ICMI menjelaskan bahwa target kegiatan perdana kita ini membantu masyarakat dalam kebutuhan pangan, dan lainnya.

“Menurut saya ICMI bukan hanya sekedar di pemikiran dan konseptual tetapi juga kita harus terjun langsung ke masyarakat secara mengimplementasi, kemudian dirasakan keberadaan ICMI itu ada bersama Rumah Kesadaran,” ungkapnya

Dewi menambahkan dengan kita menghadirkan tanen-tanen dengan harga murah masyarakat bisa mendapatkan yang di butuhkan dengan adanya bazar ini.

“Termasuk rumah kesadaran sendiri membuka stand pakaian-pakaian murah yang dijual mulai dari harga Rp.5000-Rp.50.000,- jadi jika masyarakat yang mungkin kurang mampu tadinya membeli ke pasar atau ke mall satu, disini dia bisa dapat 10,” Tutupnya.

(Farhan)