Beranda Berita Photo Acara Collaboration Festival 2022 Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Sukses Diselenggarakan

Acara Collaboration Festival 2022 Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Sukses Diselenggarakan

BERBAGI

Bintaro, Beritatangsel.com – 13 Maret 2022 – Acara Collaboration Festival (CoFest) 2022 yang dikelola oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) telah sukses diselenggarakan pada tanggal 9 – 11 Maret 2022. Acara berlangsung di Instagram dan Zoom Meeting dengan mengangkat tema “Generasi Cakap Digital” yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan kecakapan di era digitalisasi bagi generasi muda yang harus memiliki keterampilan untuk mampu menguasai dan bertahan di era digitalisasi.

Berangkat dari tema tersebut lahirlah
tagline “Asah Ilmu, Asah Perilaku Digital”. Salah satu rangkaian acara CoFest 2022 yaitu seminar daring yang menghadirkan pembicara hebat seperti Raditya Dika, Genesha Nara Saputra, Tata Martadinata, Lukman Benjamin Mulia dan Gerald Vincent.

Acara Collaboration Festival (CoFest) 2022 pada rangkaian seminar telah usai diselenggarakan dan
berhasil menghadirkan sebanyak 938 peserta dari lingkup internal maupun eksternal UPJ pada
Rabu, 10/3/22.

Terdapat tiga seminar daring yang berjudul Sinergi Kreatif Pondasi Era Digitalisasi”, “Berbisnis Aman Dengan Perlindungan Transaksi Digital” dan “Bangun Popularitas dengan Gaya berkualitas” dengan menghadirkan 938 peserta seminar yang berasal dari internal maupun eksternal UPJ.

Rangkaian kegiatan lainnya ialah lomba berupa Co-GameFest dan Cerdas Cermat yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dan diikuti 74 peserta dari mahasiswa UPJ.

Seminar daring yang berjudul “Sinergi Kreatif Pondasi Era Digitalisasi” menghadirkan Raditya Dika
selaku Content Creator dan seminar ini dipandu oleh Adhiramasyah Choesin selaku Radio
Announcer atau Content Creator pada Rabu, 9/3/22.

Acara CoFest 2022 dibuka pada Rabu, 9 Maret 2022 melalui seminar daring yang berjudul “Sinergi Kreatif Pondasi Era Digitalisasi” yang menghadirkan pembicara Raditya Dika (content Creator). Raditya Dika menjawab pertanyaan terkait membangun percaya diri untuk membuat konten “Gak pede kan bisa macem-macem, yang paling lazim apa? Karena takut. Dia gak pede karena takut, takut kenapa? takut di judge orang, takut diledekin. Tapi ada yang lebih serem dari rasa takut yaitu,
penyesalan. Dalam 10 tahun lagi nyesel nggak kalo lo gak ambil langkah itu?” Ujar raditya Dika.

Baca Juga :  Jalin Kerjasama Kampus Luar Negeri, STIE Ganesha Jakarta Gelar Seminar Internasional Perkuat Komunitas Ekonomi Syariah
Seminar daring yang berjudul “Berbisnis Aman dengan Perlindungan Transaksi Digital”
menghadirkan Genesha Nara Saputra selaku Head of Payment Information Security od GoTo
Financial dan Tata Martadinata selaku Head of Product and Technology at ASPI (posisi foto).
Kemudian, seminar ini juga dipandu oleh fadjar Sidqi Hidayatullah selaku Founder
@senipasarmodal pada Rabu, 9/3/22.

Kemudian, pada hari yang sama dilanjutkan dengan seminar kedua yang berjudul “Berbisnis Aman Dengan Perlindungan Transaksi Digital” menghadirkan pembicara Tata Martadinata (Head of Product and Technology at Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) dan Genesha Nara Saputra (Head of Payment Information Security of GoTo Financial).

Genesha Nara Saputra membagikan
tanggapannya terkait acara CoFest 2022 “Ini merupakan event yang baik, meskipun digagas oleh rekan-rekan atau mahasiswa tetapi berjalan dengan baik dan pertanyaan-pertanyaanya tepat dan bahkan ini hal yang jarang kita dapatkan di saat kita melakukan pertemuan profesional.” Ujar Genesha Nara Saputra.

Seminar daring yang berjudul “Bangun Popularitas Dengan Gaya Bekualitas” menghadirkan
Lukman Benjamin Mulia selaku Founder & CEO of Cretivox Broadcasting Network dan Gerald
Vincent selaku Content Creator serta pemandu seminar ialah Reezqina Ninda selaku Sportcaster/
Radio Broadcaster pada Kamis, 10/3/22.

Pada hari kedua Kamis, 10 Maret 2022 CoFest menyelenggarakan seminar daring yang berjudul “Bangun Popularitas Digital dengan Gaya Berkualitas” yang menghadirkan Lukman Benjamin Mulia (Founder & CEO Cretivox Broadcasting Network) dan menghadirkan Gerald Vincent (Content Creator).

Gerald Vincent membagikan tanggapannya terkait acara CoFest 2022 “Acara hari ini sangat-sangat keren banget, ilmunya wah soft kiss ya. Seru banget, terus juga anak-anaknya asik,
pokonya semuanya deh, semua diatur dengan rapih secara time-nya juga gak telat, lancar bagus, bintang 5 deh.” Ujar Gerald Vincent.

Penampilan Hiburan dari mahasiswi Ilmu Komunikasi UPJ pada acara Collaboration Festival 2022
yang disiarkan melalui Zoom Meeting Jumat, 11/3/22.
Penampilan Spesial dari Fajar Nugraha sebagai Stand Up Comedy pada acara Collaboration Festival
2022 yang disiarkan melalui Zoom Meeting Jumat, 11/3/22.

Pada hari ketiga atau tanggal 11 Maret 2022 diselenggarakan berbagai penampilan spesial dan games serta quiz berhadiah. Penampilan spesial ini diisi oleh mahasisiwa Ilmu Komunikasi UPJ dan stand up comedy dari Fajar Nugraha. Kemudian, games pada sesi ini diselenggarakan melalui Instagram. Mulai dari pertanyaan seputar kesan-pesan terbaik, menyebutkan nama pembicara tercepat dan tertepat hingga menunjukkan keseruan dari rangkaian kegiatan CoFest 2022.

Selanjutnya, untuk quiz sendiri diselenggarakan melalui aplikasi Quizziz dan Zoom Meeting. Rangkaian kegiatan perlombaan seperti TikTok Challenge, Kampanye Media Sosial, Voice Over dan Pembawa Acara Berita masih diselenggarakan sampai dengan tanggal 18 Maret 2022.

Baca Juga :  Mahasiswa S2 Magister Komputer dan Dosen STMIk Eresha Melaksanakan giat Pengabdian Kepada Masyarakat

Untuk pengumuman perlombaan tersebut akan diinfokan bersamaan dengan closing CoFest 2022 melalui
Instagram pada tanggal 27 Maret 2022.
Collaboration Festival (CoFest) merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Jaya.

Sebelum Bernama CoFest, acara
ini bernama Communication Festival (COMMFEST) yang sudah diselenggarakan sebanyak empat kali sejak tahun 2016. Dengan semangat inovasi dan berkolaborasi yang tinggi, untuk itu kegiatan tahunan COMMFEST berganti nama menjadi CoFest sejak tahun 2019.

Pada tahun 2020, Covid-19
masuk ke Indonesia dan menyebabkan kegiatan CoFest 2020 tidak dapat diselenggarakan. Kemudian, dengan semangat yang tinggi akhirnya pada tahun 2021, CoFest dapat kembali
diselenggarakan. CoFest 2021 mengusung tema “Kreasi Digital Penggerak Generasi” merupakan acara pertama yang diselenggarakan secara virtual.