Beranda Berita Photo Kota Tangerang Daerah Pertama Di Provinsi Banten Gunakan Teknologi Pengolahan Sampah Menjadi...

Kota Tangerang Daerah Pertama Di Provinsi Banten Gunakan Teknologi Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik

BERBAGI

Kota Tangerang, Beritatangsel.com — Kota Tangerang daerah pertama di Provinsi Banten yang memiliki Teknologi Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) sebagai solusi mengatasi masalah persampahan perkotaan.

Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan perjanjian kerja sama pembangunan dan pengoperasian fasilitas pengolahan sampah terpadu ramah lingkungan di Kota Tangerang oleh Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah dan PT. Oligo Infra Swarna Nusantara.

( H. Arief R Wismansyah, Wali Kota Tangerang )

Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah menjelaskan dengan adanya proyek PSEL yang akan segera berjalan, akan menjadi solusi dalam mengatasi persampahan dengan keterbatasan lahan TPA Rawa Kucing yang saat ini menjadi lokasi pemrosesan akhir sampah di Kota Tangerang dengan sampah per hari mencapai 1.500 ton.

“Dengan metode yang sedang berjalan, membutuhkan perluasan lahan TPA yang sulit dicapai pada area perkotaan,” kata Wali Kota Arief R Wismansyah dalam acara yang juga dihadiri oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Panjaitan di kantor Kemenko Marves, Jakarta, Rabu (9/3/2022).

“Pemkot Tangerang sangat mengharapkan adanya proses pengolahan sampah yang menggunakan teknologi,” ujar Wali Kota Arief.

Selain itu, Wali Kota Arief juga mengatakan bahwa Pemkot Tangerang sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah Pusat terkait pembiayaan tipping fee yang harus ditanggung oleh Pemerintah Daerah dalam proses pengolahan sampah, mengingat biaya yang dikeluarkan cukup besar dan akan mempengaruhi APBD.

“Agar Kota Tangerang yang menjadi pintu gerbang indonesia bisa semakin lebih baik ke depan,” ungkap Wali Kota Arief.

Sementara itu, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan masalah persampahan menjadi isu yang sangat penting, terlebih masih belum berimbangnya kapasitas penampungan dan juga sistem pengolahan sampah yang ada.

Baca Juga :  Penuhi Undangan Tokoh Tangerang, GMPRI Banten Siap Ikrar Dukungan

“Oleh karena itu perlu kerja sama dan bahu membahu dari seluruh pihak untuk mengatasi masalah persampahan,” kata Menko Luhut Binsar Panjaitan.

Sebagai informasi, nantinya PSEL di Kota Tangerang akan berlokasi di dua tempat yaitu di TPA Rawa Kucing dan juga TPA di Jatiuwung dengan kapasitas total pengolahan sampah per hari mencapai 2.100 ton dengan target operasional pada tahun 2024.

(Red/Alan pratama)