Beranda Advetorial Perwakilan masyarakat Kalimantan menyatakan komitmen siap mendukung pembangunan Ibu Kota Negara

Perwakilan masyarakat Kalimantan menyatakan komitmen siap mendukung pembangunan Ibu Kota Negara

BERBAGI
Perwakilan masyarakat Kalimantan

JAKARTA, BERITTANGSEL.COM – Perwakilan masyarakat Kalimantan menyatakan komitmen siap mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Ini ditegaskan dalam kegiatan penyampaian Maklumat Rakyat Kalimantan yang digelar di Jakarta, Senin, 28 Februari 2022.

Dewan Adat Dayak Provinsi se-Pulau/Banua Kalimantan menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah dan DPR atas pengesahan UU IKN. Agus Mar memastikan masyarakat Kalimantan siap mendukung dan terlibat aktif dalam pembangunan ibu kota baru.

Baca Juga: Kernet Tewas di Pasar Baru Tangerang, Akibat Sang Sopir Tabrak Pembatas Jalan

“Siap memberikan dukungan dan terlibat secara penuh dan sungguh-sungguh, atas perwujudan pelaksanaan pembangunan IKN di Kalimantan Timur, dengan konektivitas pembangunan kewilayahan antarprovinsi di Pulau Kalimantan,” ujar Agus Mar dalam keterangannya, Selasa, 1 Maret 2022.

Maklumat itu juga mengamanatkan agar pembangunan IKN melibatkan segenap potensi putra-putri asli Pulau Kalimantan dalam menduduki jabatan strategis di Badan Otorita. Terkait hal ini, kata dia, pemerintah diharapkan memberikan afirmasi tertulis dalam aturan turunan UU IKN.

Baca Juga: Pencapaian Luar Biasa, Jokowi Bangun Ratusan Km Jalan Tol dan Belasan Bendungan di Tahun 2021

“Memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal Pulau Kalimantan dengan membangun fasilitas dan simbol-simbol adat, adab dan pusat budaya,” ungkap dia.

Agus Mar berharap pemerintah melibatkan secara langsung pemangku kelembagaan adat Pulau Kalimantan dalam merumuskan dan menyusun aturan turunan UU IKN.

Organisasi yang terlibat dalam membaca informasi ini antara lain Dewan Adat Dayak Nasional, Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Kesultanan Paser dan Banjar. Kemudian, Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Gelar Istighosah Peringati Isra Mi’raj dan HUT Kota Tangerang Ke – 29 Tahun

Baca Juga :  Paket Menginap Spesial bulan Juli hanya di Hotel Santika Premiere Bintaro

red/bim