Beranda Advetorial Pemkot Tangerang Promosikan Rencana Proyek Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik

Pemkot Tangerang Promosikan Rencana Proyek Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik

BERBAGI

Tangerang – BeritaTangsel.com, Pemerintah Kota Tangerang menggelar Sosialisasi Proyek Rencana Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan di Kota Tangerang yang dihadiri oleh perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan berbagai kementerian terkait Provinsi Banten, Kepala Dinas OPD Kota Tangerang, Akademisi, Aktivis Lingkungan, hingga Tokoh Masyarakat Kota Tangerang online, Kamis (24/2/2022).

Dalam sambutan pembukaannya, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman menjelaskan, penerapan PSEL di Kota Tangerang merupakan salah satu terobosan dalam pengelolaan sampah perkotaan.

“Ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan di Kota Tangerang, mengurangi penumpukan sampah di TPA Rawa Kucing dan mendapatkan nilai tambah berupa energi listrik,” kata Arief dalam keterangannya.

Lebih lanjut Arief menjelaskan, proyek ini telah mendapat dukungan dari DPRD Kota Tangerang pada Januari 2022, dengan catatan Pemkot Tangerang harus melakukan sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan di Kota Tangerang.

“Acara ini diadakan sebagai media interaksi antara pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan untuk menjelaskan rencana proyek, memberikan informasi, mendapatkan saran dan masukan yang konstruktif untuk pelaksanaan proyek besar ini,” kata Arief.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Republik Indonesia, Ir. Sarwono Kusumaatmadja mengatakan PSEL ini menjadi program strategis nasional bagi kota-kota besar padat penduduk termasuk Kota Tangerang yang sudah masuk jalur prioritas strategis nasional.

“PSEL ini diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan nasional bahkan global,” ujarnya.

Red/bim

Baca Juga :  Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 Mulai 26 Juli Hingga 2 Agustus 2021