Beranda Berita Photo Melalui PKM, Mahasiswa/i UNPAM Ajak Warga Kampung Pemulung Jaga Kebersihan Lingkungan

Melalui PKM, Mahasiswa/i UNPAM Ajak Warga Kampung Pemulung Jaga Kebersihan Lingkungan

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com – Lingkungan yang sehat tentu menjadi harapan semua orang. Maka, penting sekali menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

Laju urbanisasi yang cepat selama satu dasawarsa terakhir tidak didukung pembangunan infrastruktur sepenuhnya. Belum lagi isu-isu lingkungan yang menyertai seperti banjir, kekeringan, hingga perubahan iklim akibat pemanasan global.

Kondisi ini membuat infrastruktur di perkotaan tidak lagi mampu menampung kebutuhan-kebutuhan tersebut, terutama tata kelola keairan membutuhkan solusi baru yang fundamental guna mampu menjawab tantangan terkini dan masa depan terkait upaya merencanakan, membangun dan melakukan pemeliharaan kota. Untuk memecahkan masalah ini tak lagi bisa menggunakan cara-cara usang.

Hal itulah yang melatar belakangi kegiatan pengabdian masyarakat Mahasiswa/i UNPAM yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga Kampung Pemulung Pondok Karya tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama ditengah masa pandemic seperti ini.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Minggu, (14/11/2021) tersebut mengusung tema “Mengedukasi Pentingnya Menjaga Kebersihan Diri dan Sekitar” Guna memberikan sosialisasi kepada Warga Kampung Pemulung Pondok Karya, agar lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan, baik di lingkungan rumah maupun lingkungan umum.

Diadakannya kegiatan ini berlandaskan Tridharma Perguruan Tinggi.

Dimana, Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar belajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Kampung Pemulung Pondok Karya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan

Kelompok PKM yang diketuai oleh Nila Anggelina, dengan anggota nya Dea Anindia Putri, Adelin Aprilia, Riska Amelia dan dibimbing oleh dosen Universitas Pamulang Ibu Nur Asmilia S.E., M.Ak. serta Saudari Rosana Uly Rona (Koordinator kp.pemulung) yang berlokasi di Kampung Pemulung Pondok Karya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.

Baca Juga :  Rengginang Vee Ramaikan Event Tangerang Selatan TGIF-WTA 2016

Dalam kegiatan yang dilaksanakan, Dea Anindia Putri memberikan penyampaian materi terkait pentingnya warga Kampung Pemulung agar selalu menjaga kebersihan di masa pandemi Covid-19 ini, agar senantiasa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain pemaparan materi, Mahasiswa UNPAM pun memberikan beberapa edukasi dalam menjalankan langkah-langkah menjaga kebersihan, seperti tata cara mencuci tangan dan memakai masker dengan baik dan benar.

Sesi Praktek Mencuci Tangan yang benar oleh anak-anak Kampung Pemulung

Dipenghujung acara, para mahasiswa mengajak anak-anak untuk bermain games berhadiah dalam mempraktekan point-point edukasi yang sudah diberikan oleh mahasiswa UNPAM agar selalu diingat dan menjadi kebiasaan baik sehari-hari.

Dengan adanya kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, Mahasiswa berharap, warga Kampung Pemulung Pondok Karya, agar mengetahui tentang bagaimana cara dan langkah-langkah dalam menjaga kesehatan tubuh yang berawal dari konsistennya menjaga kebersihan diri maupun lingkungan.

“Harapan saya beserta rekan-rekan yang lain, semoga dengan berlangsung nya acara ini, kita semua khususnya warga kampung pemulung agar dapat mengaplikasikan point-point yang sudah diberikan oleh kami, agar kebersihan lingkungan dan diri sendiri tetap terjaga dan selalu menjadi budaya yang baik ditengah-tengah masyarakat,” tutup Nila Anggelina

Artikel : kelompok PMKM Mahasiswa/i S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang