Beranda Berita Photo Melalui PKM, Mahasiswa/i UNPAM Ajak Masyarakat Limo, Depok Bangun Bisnis Praktis Guna...

Melalui PKM, Mahasiswa/i UNPAM Ajak Masyarakat Limo, Depok Bangun Bisnis Praktis Guna Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Selama Pandemi

BERBAGI

Depok, Beritatangsel.com – Saat ini dampak pandemi Covid-19 kini menjadi masalah krusial dalam perekonomian Indonesia dan menyebabkan tingginya angka pengangguran karena kehilangan pekerjaan.

Perhatian pemerintah pada pengangguran seringkali terpinggirkan. Hal ini mengisyaratkan bahwa skenario pemulihan ekonomi pasca pandemik Covid-19 belum dapat untuk membuat terciptanya lapangan kerja baru. Situasi ini dapat terlihat dari presentase pengangguran (baik secara paksa maupun sukarela) yang masih tetap tinggi.

Selain itu, Dampak yang sangat terasa dan mudah sekali dilihat adalah melemahnya konsumsi rumah tangga atau melemahnya daya beli masyarakat secara luas.

Hingga saat ini, masyarakat mengalami penurunan daya beli yang sangat signifikan. PPKM yang terus berlanjut dengan berbagai aturan pengetatan menghambat masyarakat untuk beraktifitas ekonomi.

Regulasi pengetatan diberbagai sektor dari aturan PPKM memberikan pengaruh terhadap naik turunnya sektor ekonomi.

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah diharapkan mampu memberikan terobosan untuk dapat memberikan solusi agar kemampuan daya beli masyarakat tetap dapat bertahan.

Hal itulah yang melatar belakangi kegiatan pengabdian masyarakat Mahasiswa/i UNPAM yang bertujuan untuk meberikan pemahaman kepada masyarakat umum daerah Limo, Depok tentang dampak corona terhadap ekonomi Indonesia. Ditengah masa pandemic ini diharapkan agar masyarakat umum khusus nya daerah Limo, Depok agar memiliki minat dalam melakukan bisnis online sehingga bisa memiliki penghasilan dimasa pandemi ini.

Kegiatan PKM Via Zoom Meeting oleh mahasiswa UNPAM

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, (20/11/2021) tersebut menggunakan Via Zoom Meeting untuk wilayah Rt 04 Rw 03 Kelurahan Grogol Limo, Depok. Guna memberikan sosialisasi kepada masyarakat umum Limo, Depok dengan tema “Bisnis Praktis Guna Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Dimasa Pandemi”

Diadakannya kegiatan ini berlandaskan Tridharma Perguruan Tinggi.

Dimana, Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar belajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Juga :  Kreatif ! Mahasiswa Unpam Ajak Anak-Anak Panti Buat Celengan Cantik Dari Botol Bekas

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Kelompok PKM yang diketuai oleh Rachel Romauli Siburian, dengan anggota nya Anita Nur Permatasari, Yoga Aditya Pratama, dan dibimbing oleh dosen Universitas Pamulang Lyandra Aisyah Margie, S.E., M.M. memberikan arahan terkait cara membangun bisnis online agar bisa menjadikan ladang usaha dan penghasilan di masa Pandemi Covid-19 ini.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan, mahasiswa memberikan cara untuk memulai bisnis online dalam bentuk reseller, dropship, dan membuka kelas online dari rumah.

Dengan adanya kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, Mahasiswa berharap, masyarakat umum Limo, Depok agar mengetahui tentang bagaimana cara memulai bisnis online dimasa pandemi dan juga agar memiliki niat yang tinggi dalam memulai usaha bisnis online sehingga dapat mempunyai penghasilan dimasa pandemi.

Artikel : kelompok PMKM Mahasiswa/i S1 Akuntansi Universitas Pamulang