Beranda Berita Photo Mahasiswa UNPAM Ajak Pelaku UMKM Kembangkan Usahanya di Bidang E-Commerce

Mahasiswa UNPAM Ajak Pelaku UMKM Kembangkan Usahanya di Bidang E-Commerce

BERBAGI

Depok, Beritatangsel.com – Dikutip dari wikipedia, UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah, yang merupakan salah satu model dalam kegiatan perdagangan, biasanya dilakukan oleh individu atau perorangan dengan badan usaha yang lingkupnya lebih kecil (lebih dikenal dengan istilah mikro).

Pemerintah sendiri telah mempunyai ketentuan terkait UMKM yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008. Dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa definisi UMKM adalah sebuah kegiatan usaha yang dijalankan oleh masyarakat dengan tujuan memperluas lapangan pekerjaan serta memberi pelayanan ekonomi kepada masyarakat secara luas.

Di era masa yang serba digital semacam ini, perkembangan UMKM selaku sektor utama yang bisa menopang perkembangan ekonomi nasional dinilai belum maksimal di masa pandemi COVID-19. Banyak sekali usaha yang tidak bisa bertahan lama sebab perkembangan ekonomi yang sedang menyusut. Tidak sedikit usaha yang akhirnya bangkrut karena kasalahan dalam mempraktikan strategi pada masa pandemi COVID-19 ini.

Salah satu upaya masyarakat agar usahanya bisa bertahan lama adalah dengan memasarkan produk memalui media online atau biasa disebut dengan E-Commerce. Dengan adanya E-Commerce ini, masyarakat dapat membuat keputusan dan juga strategi yang baik dalam memasarkan produk (barang atau jasa) di masa pandemi COVID-19.

Hal inilah yang mendasari kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) yang dilakukan oleh Mahasiswa/i Universitas Pamulang mengenai sosialisasi tentang “Upaya Masyarakat Dalam Mengembangkan Usahanya Di Bidang E-Commerce Di Masa Pandemi COVID-19″.

Kelompok PKM yang diketuai oleh Suci Maulanti, Wakil ketua Siti Masnah dan Dokumentasi Widya Putri Arinda dan Cepi Permana serta didampingi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Bapak Ita Darsita, S.E., M.M. yang berlokasi di Rumah Ibu Nur ‘Aini (PKK) Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Sabtu (13/11/2021).

Baca Juga :  Perkuat PNPM Mandiri Kota Tangsel, Dosen Prodi Manajemen Unpam Berikan Penyuluhan dan Pelatihan

Diadakannya kegiatan ini berlandaskan Tridharma Perguruan Tinggi.

Dimana, Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar belajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Dengan mengusung tema “Membangun Kemandirian Dan Produktivitas Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru” Keempat mahasiswa tersebut bertujuan untuk mengenal pentingnya cara memasarkan sebuah produk yang memiliki jangkauan global dengan E-Commerce.

Pemaparan materi oleh ketua pkm Unpam Suci Maulanti

Adapun materi yang dibawakan oleh Suci Maulanti tentang “Upaya Masyarakat Dalam Mengembangkan Usahanya Di Bidang E-Commerce Di Masa Pandemi COVID-19” pada Ibu-Ibu PKK Bojongsari.

Penyampaian materi tersebut disambut antusias oleh Ibu-Ibu PKK Bojongsari. Hal tersebut terlihat saat sesi tanya jawab, mereka begitu semangat bertanya dan menjawab pertanyaan yang di ajukan para mahasiswa.

Sesi penjelasan materi dan tanya jawab oleh mahasiswa unpam kepada ibu-ibu pkk Bojongsari, Depok

Ada banyak cara dalam melakukan pemasaran dan mengembangkan produk melalui E-Commerce, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi digital seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain yang dapat di unduh melalui Play Store. Dengan aplikasi ini dapat membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Dengan adanya kegiatan ini, Suci Maulanti berharap pelaku UMKM bisa lebih sadar mengenai pentingnya cara memasarkan dan mengembangkan produk usahanya dengan E-Commerce.

“Yang diharapkan dengan adanya kegiatan ini adalah dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat terlebih untuk para Pelaku UMKM agar bisa lebih sadar tentang penting nya memasarkan produk dan mengembangkan dengan E-Commerce dimasa pandemi saat ini” tutup Suci.

Artikel : kelompok PMKM Mahasiswa/i S1 Akuntansi Universitas Pamulang