Beranda Berita Photo Mahasiswa UNPAM Ajak Anak-anak Yayasan Tingkatkan Kreativitas Dengan Metode Daur Ulang Sampah

Mahasiswa UNPAM Ajak Anak-anak Yayasan Tingkatkan Kreativitas Dengan Metode Daur Ulang Sampah

BERBAGI

Depok, Beritatangsel.com – Saat ini, sampah menjadi salah satu permasalahan yang cukup sulit di tangani di Indonesia, Hal ini terjadi karena jumlah penduduk tiap tahunnya semakin meningkat dan kebutuhan juga semakin menambah sehingga menghasilkan banyak sampah dalam seharinya.

Salah satunya sampah plastik, karena seiring perkembangan zaman yang semakin maju ini membuat plastik menurun drastis sehingga saat ini banyak sampah bekas di sekitar kita yang terbuang percuma.

Hal ini dapat menyebabkan sampah plastik tersebut menjadi limbah dan menjadi salah satu faktor penyebab pencemaran lingkungan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mahasiswa Universitas berikan materi berupa Membangun Kreativitas dan Produktivitas Anak Dimasa Pandemi Dengan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik (Sampah Anorganik) Menjadi Produk Fungsional Dan Aesthetic).

Kelompok PKM yang diketuai oleh Johan, dan anggotanya yang terdiri dari Agnes Tifhany Rhamadani, Annisa Nur Azizah, Fitria Nurjanah
Dengan dosen pembimbing yaitu ibu Putri Nurmala, S.E., M.Si. yang berlokasi di Asrama Yayasan Yatim dan Dhuafa Islahul Hayat, Jl. Keramat No 45, Pondok Petir, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Tangerang Selatan, Jawa Barat 1651. Minggu (7/11/2021).

Diadakannya kegiatan ini berlandaskan Tridharma Perguruan Tinggi.

Dimana, Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar berlajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Dengan mengusung tema “Membangun Kreativitas dan Produktivitas Anak Dimasa Pandemi Dengan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik (Sampah Anorganik) Menjadi Produk Fungsional Dan Aesthetic)“
Keempat mahasiswa tersebut bertujuan untuk mengasah kreatifitas dengan memanfaatkan barang-barang disekitar menjadi barang yang bernilai jual. Barang yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu botol plastik.

Baca Juga :  Maling Gondol Batu Berharga Jutaan Rupiah

Mahasiswa tertarik untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada adik-adik untuk dapat memanfaatkan limbah yang tidak terpakai dengan cara mengelolah menjadi barang yang memiliki nilai manfaat dan menumbuhkan sikap peduli lingkungan dengan pengolahan barang bekas disekitar.

Kegiatan yang diawali dengan sambutan oleh ketua sekaligus pendiri Yayasan Yatim dan Dhuafa Islahul Hayat, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Putri Nurmala, S.E., M.Si. selaku dosen pembimbing universitas pamulang, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan memutarkan video terkait mengembangkan kreativitas dimasa pandemic saat ini.

Disaat pemberian materi berlangsung, Mahasiswa melakukan sesi tanya jawab dan memberikan kesempatan para peserta untuk menjawab pertanyaan, setelah selesai pemaparan materi dan sesi tanya jawab di lanjutkan dengan praktik langsung membuat limbah botol plastik menjadi kotak pensil dengan dibagi beberapa tim.

Dapat dilihat disaat sesi pembuatan kotak pensil dari botol plastik antusias dari para peserta yang sangat tinggi, semangat untuk memahami dan mencoba sangat terlihat saat terlaksananya kegiatan karena dilakukan dengan antusias dengan penuh semangat sehingga kegiatan berjalan dengan baik dan output yang dihasilkan memuaskan.

Dengan adanya kegiatan ini, Mustopa Johan berharap dapat menjadi peluang bisnis dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

“Kami memilih judul tersebut karena bisnis tersebut tidak membutuhkan modal yang sangat besar dan yang paling penting kreasi ini terbuat dari limbah sampah yang dimana dapat mengurangi penumpukan pada sampah serta mudah di temukan dimana mana.” Ujar Mustopa.

Dipenghujung kegiatan, diakhiri dengan melakukan sesi foto masing-masing kelompok dengan hasil prakarya, membagikan makanan dan beberapa Games yang sudah disiapkan oleh mahasiswa untuk anak-anak lalu acara ditutup oleh Mahasiswa dan ketua Yayasan Yatim dan Dhuafa Islahul Hayat.

Baca Juga :  Mahasiswa Universitas Pamulang Berikan Pembekalan Keterampilan dari Barang Bekas di Asrama Griya Yatim dan Dhuafa Permata Pamulang

Artikel : kelompok PMKM Mahasiswa Universitas Pamulang