Beranda Berita Photo Mahasiswa Pamulang Ajak Anak – Anak Tingkatkan Kreativitas Dengan Metode Daur Ulang...

Mahasiswa Pamulang Ajak Anak – Anak Tingkatkan Kreativitas Dengan Metode Daur Ulang Sampah

BERBAGI

Bogor, Beritatangselcom — Saat ini, sampah menjadi salah satu permasalahan yang cukup sulit di tangani di Indonesia, Hal ini terjadi karena jumlah penduduk tiap tahunnya semakin meningkat dan kebutuhan juga semakin menambah sehingga menghasilkan banyak sampah dalam seharinya.

Salah satunya sampah plastik seperti CD, karena seiring perkembangan zaman yang semakin maju ini membuat CD menurun drastis sehingga saat ini banyak CD bekas di sekitar kita yang terbuang percuma.

Hal ini dapat menyebabkan CD tersebut menjadi limbah dan menjadi salah satu faktor penyebab pencemaran lingkungan. Selain itu CD sangat sulit terurai dalam tanah dikarenakan dari sekeping CD terdapat berbagai macam bahan-bahan kimia maupun materi yang merugikan bagi lingkungan, misalnya aluminium dan plastik berbahan polikarbonat, sehingga membutuhkan ratusan tahun untuk terurai dengan sendirinya.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PMKM) Mahasiswa Universitas Pamulang memberikan materi berupa dampak negatif sampah serta cara menyulapnya menjadi barang yang kreatif dan bernilai jual tinggi.

Kelompok PKM yang diketuai oleh Deska Haris Sandi, di dampingin oleh Faisal Thabrani, Puspintha Bohalima dan Yuliani Sapitri serta dosen pembimbing ibu Nisak Ruwah Ibnatur Husnul ,S.Pd., M.Pd. yang berlokasi di SD Negeri Naggerang 2 Tajurhalang, Bogor, Jawa Barat. Senin, (18/10/2021).

Di adakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berlandaskan Tridharma Perguruan Tinggi.

Dimana, Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar berlajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Baca Juga :  Libatkan Generasi Muda untuk Peningkatan Literasi Gizi Masyarakat, YAICI Gandeng Mahasiswa Kampanyekan #MilenialsSadarGizi

Dengan mengusung tema “Bangkitkan Kreativitas dan Semangat Anak Di Masa Pandemi dengan Memanfaatkan Limbah CD Bekas menjadi Hiasan Aesthetic yang Bernilai”
Keempat mahasiswa tersebut bertujuan untuk mengasah kreatifitas dengan memanfaatkan barang-barang disekitar menjadi barang yang bernilai jual. Barang yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu CD bekas hiasan.

Mahasiswa tertarik untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada adik-adik untuk dapat memanfaatkan limbah yang tidak terpakai dengan cara mengelolah menjadi barang yang memiliki nilai manfaat dan menumbuhkan sikap peduli lingkungan dengan pengolahan limbah plastik.

Kegiatan yang diawali dengan sambutan oleh Bapak Nasan Tirtayana S.Pd selaku kepala sekolah SD Negeri Nanggerang 2 dan sambutan dari ibu Nisak Ruwah Ibnatur Husnul ,S.Pd., M.Pd, selaku dosen pembimbing universitas pamulang, lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi dan memutarkan video terkait mengembangkan kreativitas dimasa pandemic saat ini.

Disaat pemberian materi berlangsung, Mahasiswa melakukan sesi tanya jawab dan memberikan kesempatan para peserta untuk menjawab pertanyaan, setelah selesai pemaparan materi dan sesi tanya jawab di lanjutkan dengan praktik langsung membuat limbah cd bekas menjadi kotak pensil dengan dibagi beberapa tim.

Dapat dilihat disaat sesi pembuatan kotak pensil dari cd bekas antusias dari para peserta yang sangat tinggi, semangat untuk memahami dan mencoba sangat terlihat saat terlaksananya kegiatan karena dilakukan dengan antusias dengan penuh semangat sehingga kegiatan berjalan dengan baik dan output yang dihasilkan memuaskan.

 

Dengan adanya kegiatan ini, Deska berharap dapat menjadi peluang bisnis dimasa pandemi Covid – 19 saat ini.

“Kami memilih judul tersebut karena bisnis tersebut tidak membutuhkan modal yang sangat besar dan yang paling penting kreasi ini terbuat dari limbah sampah yang dimana dapat mengurangi penumpukan pada sampah serta mudah di temukan dimana mana.” Ujar Deska.

Baca Juga :  Kelompok PMkM Universitas Pamulang Berikan Pemahaman Mengelola Uang Sejak Dini di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera

Dipenghujung kegiatan, diakhiri dengan melakukan sesi foto masing – masing kelompok dengan hasil prakarya, sesi foto Mahasiswa dengan adik – adik SD Negeri Nanggerang 2, dan sesi foto bersama Bapak Nasan Tirtayana S.Pd selaku kepala sekolah dan guru – guru SD Negeri Nanggerang 2.

Artikel : kelompok PMKM Mahasiswa Universitas Pamulang