Beranda Kesehatan Mahasiswa Universitas Pamulang Ajak Masyarakat Membuat Konektor Masker Untuk Meningkatkan Kesadaran Dalam...

Mahasiswa Universitas Pamulang Ajak Masyarakat Membuat Konektor Masker Untuk Meningkatkan Kesadaran Dalam Memakai Masker

BERBAGI

Beritatangsel.com — Mahasiswa merupakan seseorang yang belajar di perguruan tinggi baik universitas, institut atau akademi. Dalam hal ini, mahasiswa tidak dituntut untuk sekadar berlajar saja, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Seperti kita ketahui bersama bahwa penularan virus corona dapat melalui droplet atau percikan yang dikeluarkan pada saat kita batuk atau bicara. Penularan terjadi ketika percikan terhirup orang lain yang ada di sekitar. Oleh karenanya, masker dibuat untuk melindungi dari droplet yang di keluarkan oleh orang lain agar tidak masuk ke hidung dan mulut kita ataupun sebaliknya, agar droplet kita tidak mengenai orang lain karena kita tidak tahu kita atau lawan bicara kita yang sedang menjadi pembawa virus. Terdapat 3 jenis masker yang disarankan kepada masyarakat agar dapat memutus penyebaran virus corona

Sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan RI, masyarakat disarankan untuk memakai masker kain ketika harus bepergian ke luar rumah, misalnya saat harus bekerja atau membeli kebutuhan bulanan. Masker kain tetap dapat menghalau sebagian percikan air liur (droplet) yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin. Jadi jika digunakan dengan benar, masker ini tetap dapat mengurangi penyebaran virus Corona di masyarakat, terutama dari orang yang terinfeksi virus namun tidak memiliki gejala apa pun.

Menggunakan masker sangat efektif dalam pencegahan virus corona. Selain itu, cuci tangan juga sama pentingnya dengan memakai masker. Untuk saat ini pemerintah sangat gencar untuk mengkampanyekan pemakaian masker, mulai dari sanksi sosial hingga materi.

Baca Juga :  25 Anak Tangerang Kurang Gizi, Bupati Terjun Membuktikan

Hal inilah yang melatarbelakangi Mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PMKM) dengan tema “kreativitas pembutan konektor masker untuk meningkatkan kesadaran penggunaan masker di masa pandemi” yang diketuai oleh Tari Febriyanti beserta anggota lainnya yaitu Sevisri vigiyanti, Nur oktaviana sari dan didampingi oleh dosen pembimbing Ibu Habibah,S.E.,M.M, bersama Bapak Arih selaku ketua Rt, Kp. Situpete Rt.01 Rw.10 Kelurahan sukadamai Kecamatan tenah sereal Kabupaten Bogor, Sabtu (30/10/2021).

Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini disebabkan semakin tingginya tingkat positif covid 19 di Indonesia, maka mahasiswa prodi akuntansi bertujuan perduli terhadap kesehatan dan keselamatan warga sekitar, karena masih minimnya tingkat kesadaran masyarakat akan penggunaan masker.

Selama kegiatan PMKM berlangsung, terlihat para masyarakat kp.Situpete sangat antusias mengikuti acara tersebut hingga selesai acara.

Pada akhir kegiatan, Dosen pembimbing Habibah,S.E.,M.M, juga menambahkan beberapa masukan terkait pentingnya menggunakan masker dimanapun berapa terlebih saat di masa pandemi ini.

“Hampir seluruh negara di dunia mewajibkan setiap orang untuk menggunakan masker. Tentu saja, menggunakan masker dapat mencegah kita agar tidak tertular dari virus seperti COVID-19 dan lainnya, tetapi, masih ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan masker ini. Tujuan utama penggunaan masker tentunya memang untuk mencegah penyebaran yang lebih luas dari segala macam virus mematikan, termasuk COVID-19,” tutupnya.