Beranda TANGERANG SELATAN Pamulang Mahasiswa PMKM Tingkatkan Kreatifitas Santri Pesantren Raudhatul Huffazh dengan membuat Tempat Pensil...

Mahasiswa PMKM Tingkatkan Kreatifitas Santri Pesantren Raudhatul Huffazh dengan membuat Tempat Pensil dari Sedotan Bekas

BERBAGI

Pamulang, Beritatangsel.com — Sosok Pemuda ialah penerus generasi bangsa, oleh karena itu peran pemuda dalam membangun bangsa Indonesia sangatlah penting baik untuk kehidupan mereka pribadi maupun bangsa ini. Salah satu faktor penunjang dari terciptanya generasi muda yang berkualitas adalah dengan meningkatnya kemampuan mereka dalam membuat suatu hal yang baru (Kreatif).

Dalam memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi yang diperkuat dengan adanya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang ini berbunyi: perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan agar anak-anak mengerti dan memahami pentingnya meningkatkan Kreatifitas diusia muda yang diikuti 15 orang anak dengan rentan usia 9-16 tahun.

Menyikapi perihal tersebut, membuat Mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) menyelenggarakan sebuah program Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) yang bertajuk “Meningkatkan Kreatifitas Santri Pesantren Raudhatul Huffazh dengan membuat Tempat Pensil dari Sedotan Bekas”.

Perlu diketahui, mendaur ulang barang bekas dalam hal ini adalah sampah plastik ternyata banyak sekali manfaatnya, diantaranya terciptanya lingkungan yang bersih, terhindar dari segala penyakit dan meminimalisir terjadinya banjir yang disebabkan oleh penumpukan sampah.

Tak hanya itu, disaat seseorang dapat menciptakan suatu hal yang baru, otomatis ia juga bisa membuka peluang usaha yang nantinya akan disyiarkan kepada masyarakat luas.

Oleh karena itu, tujuan Mahasiswa UNPAM mengambil tema ini adalah agar generasi muda mengetahui betapa pentingnya peran kita untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan rapi dan terciptanya peluang usaha baru.

Kegiatan yang dilakukan pada hari Sabtu, (23/10/2021) tersebut, bertempat di Jl. Kemiri II No.25, Pondok Cabe Udik, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan PMKM Universitas Pamulang ini meliputi empat orang anggota (Nabilah Nurhfidah, Endang Sulastri, Lita Rizky Ayunia, Wilani Febyanasari), dan satu orang pembimbing yaitu, Ibu Rahma Wiyanti, S.E, M.Si.

Baca Juga :  Membentuk SDM Unggul Berkualitas

Hanya dengan bermodalkan bahan perlengkapan sederhana, seperti lem tembak, gunting dan perlengkapan utamanya yaitu sedotan bekas, para santri sukses membuat berbagai jenis macam kerajinan tangan yang dibimbing langsung oleh para Mahasiswa UNPAM.

Dari proses awal pembuatan sampai akhir, para santru sangat menikmati dan antusias dalam berkreasi untuk membuat kerajinan yang paling menarik.

Ditambah lagi para Mahasiswa mengadakan sesi games guna lebih meningkatkan semangat dan kreatifitas dari para santri.

Selama proses pembuatan kerajinan tangan ini menghabiskan waktu kurang lebih 2-3 jam dengan sistem berkelompok. Sebagai pelengkap kegiatan ini diisi dengan games agar lebih meningkatkan semangat dari para santri Ponpes Raudhatul Huffazh.

Artikel : Kelompok PMKM Universitas Pamulang