Beranda Berita Photo Kelompok PMKM Universitas Pamulang Kenalkan Belajar Investasi Serta Tanamkan Minat Menabung Pada...

Kelompok PMKM Universitas Pamulang Kenalkan Belajar Investasi Serta Tanamkan Minat Menabung Pada Usia Dini

BERBAGI

Ciputat, Beritatangsel.com — Mahasiswa Universitas Pamulang gelar kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) dengan mengangkat tema “Mengenal Belajar Investasi, Tanamkan Menabung Pada Usia Dini” yang bertempat di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera, Ciputat, Tangerang Selatan. Senin, (18/10/2021).

Dalam memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi yang diperkuat dengan adanya  Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang ini berbunyi: perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan agar anak-anak mengerti pemahaman akan menyisihkan uang dan mulai membiasakan diri untuk menabung sejak dini yang diikuti 15 orang anak dengan rentan usia 6-9 tahun.

Menabung sejatinya sudah diajarkan dari lingkup terkecil yaitu dari lingkungan keluarga. Pemahaman menabung sangat dibutuhkan oleh anak karena dapat membantu mereka dalam mengelola keuangannya saat besar nanti.

Dalam pelaksanaannya, Kelompok mahasiswa Universitas Pamulang yang diketuai oleh Rayhan Eka Nurfajri didampingi oleh Meliana Widjiyanti dan Muhammad Rizki serta dibimbing langsung oleh  Intan Rahma Sari, S.E., M. Ak. selaku dosen pembimbing membuat sebuah program yaitu save Rp.500 for better future. Dengan menyisihkan uang lima ratus rupiah, anak-anak akan mulai mengenal investasi dengan cara membiasakan diri untuk menabung sejak dini.

Karena kurangnya edukasi tentang menabung sejak dini dari kedua orangtua, membuat anak-anak menyepelekan uang receh dan bergantung kepada orangtua akan kebutuhannya.

Melalui program ini, anak-anak diajarkan agar terbiasa menabung mulai dari menyisihkan uang saku sendiri sampai sisa belanja dari orang tuanya.

Pada kegiatan ini anak-anak diberikan “celengan”. Yang akan mereka hias sendiri dan menempelkan sebuah kertas yang berisi angka-angka berupa tanggal (kalender) yang menandakan mereka menabung pada hari itu dengan cara mencoret setiap tanggalnya.

Baca Juga :  Acara Puncak HUT Polwan ke 68, Polres Tangsel Gelar Syukuran

Dengan membiasakan anak-anak menabung walaupun dengan nominal yang kecil tetapi harus rutin dilakukan. Sesuai pepatah “sedikit-seidkit lama-lama menjadi bukit”. Selain itu juga dapat melatih kedisiplinan dan kesabaran mereka.

Harapan dari diadakannya kegiatan ini yaitu supaya anak-anak dapat belajar berinvestasi sejak dini, dan mulai membiasakan diri untuk menabung. Dan juga agar tumbuh sifat mandiri anak dalam mencatat, mengelola, dan memanfaatkan uang yang dimilikinya.

Artikel : Mahasiswa PMKM Univ. Pamulang