Beranda Berita Photo Wakil Walikota Tangsel Tinjau Panen Sayuran Hidroponik Di RW 04 Pondok Aren

Wakil Walikota Tangsel Tinjau Panen Sayuran Hidroponik Di RW 04 Pondok Aren

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com — Usai meresmikan Posyandu dan Posbindu, Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengawali panen sayuran dengan metode hidroponik yang di kembangkan di area Bank Sampah “Teratai’ di perumahan Pondok Pucung Indah RW 04 Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel).

Orang nomor dua di Tangsel ini, mengapresiasi kegiatan warga yang punya inisiatif, penanaman hidroponik karena dapat menambah ketahanan pangan dan pemasukan bagi ekonomi warga di tengah pandemi Covid – 19.

Kalau semuanya serius memanfaatkan lahan di rumahnya, kata Pilar. Ia optimis, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan sayurannya secara mandiri, tanpa membeli ke pasar.

“Jelas jika berlebih, bisa menambah penghasilan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraannya. Bertani dengan metode hidroponik sangat efisien karena tidak memerlukan lahan yang luas dan hignetis buat di konsumsi,” ujarnya, Sabtu siang (16/10/2021).

Dijelaskan Ketua RW 04 Joko Suhono, kebun hidroponik tersebut dikelola oleh salah satu warga bernama Jafet Iskandar dan pengelola Bank Sampah oleh Ahmad Sudjatmiko, mereka merupakan pensiunan dari berbagai instansi.

“Warga yang tinggal dilingkungan RW 04, terdiri dari 10 RT dengan jumlah sekitar 420 kepala keluarga. Lebih dari 90 persen merupakan pensiunan dari berbagai instansi. Saya sendiri pensiunan dari TVRI,” kata Joko.

Budidaya hidroponik, kata dia, bisa menjadi solusi pemanfaatan lahan sempit di rumah. Utamanya, memenuhi kebutuhan sendiri di tengah pandemi Covid – 19.

“Nah, jika berlebih bisa dijual, tentunya menambah penghasilan. Makanya, kita ajak masyarakat memanfaatkan lahan rumahnya dengan menanam sayuran baik secara hidroponik ataupun manual,” ujarnya.

Ia berharap kedatangan wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan bersama tiga anggota DPRD, saat mengunjungi acara Panen Raya tanaman Hidroponik menambah semangat dan perhatian untuk membantu pemasaran.

Baca Juga :  Manfaat Buah Delima Bagi Tubuh

“Selain Wakil Walikota, panen raya sayuran nampak hadir tiga anggota DPRD Tangsel Rachmat bersama Eva Puspita dari Fraksi Partai Golkar asal Pondok Aren juga Imanuella Ridayati dari Fraksi PSI, diharapkan dapat mendukung apa yang dilakukan oleh kami,” pungkasnya.

(Red/Abah Ade)