Beranda agama Berbuka Puasa Sambil Ingat Seni Kota Tangerang Bersama Warga Kampung Cacing

Berbuka Puasa Sambil Ingat Seni Kota Tangerang Bersama Warga Kampung Cacing

BERBAGI

Tangerang, Beritatangsel.com — Banyak hal positif dan mengasyikkan yang bisa dilakukan mengisi Ramadan. Sambil menjelang berbuka puasa bersama, belajar mengenal seni untuk lebih peduli, adalah salah satu yang sangat menarik.

Minggu (25/04/21) sore, sekitar puluhan anak-anak beraktivitas dengan cerianya di bantaran Sungai Cisadane tepatnya di Kampung Cacing. Mereka mendapatkan berbagai pengalaman dan tambahan pengetahuan terkait seni dan lingkungan. Ada Tari Lenggang, pembacaan puisi, menyanyikan lagu-lagu islami.

Kegiatan menarik dan sangat membangun ini, digagas berbagai kelompok sosial seperti Remaja Santuy, Pemuda-Pemudi Sosial (PPS), Nabox’s, Kuy Sedekah, Relawan Nusantara.

“Awalnya sebelum bulan suci ramadhan kita sudah sering melakukan kegiatan mengajar bahasa inggris lalu ada beberapa temen-temen yang lain ingin mengadakan berbuka puasa bersama anak-anak dari Kampung Cacing ini. Tetapi karena kebanyakan dari kita adalah teman-teman aktivis lingkungan, kita juga memasukkan unsur edukasinya,” terang Bagas yang merupakan ketua Pemuda Pemuda Sosial.

Didampingi sekitar puluhan personil panitia, para peserta kemudian dikumpulkan di atas dari jalan bantaran sungai cisadane. Di tenda kecil mereka mendapatkan materi pengenalan tentang lagu dan puisi daerah Kota Tangerang, tutur Bagas.

Sedangkan Ketua Pelaksana Alvinda Akbar membeberkan acara ini kita buat dengan sederhana mungkin, awalnya dari perkumpulan remaja dan komunitas yang tergabung di Kampung Cacing khususnya di RT.04/RW.03, Kelurahan Karawaci, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

“Acara ini sebenernya sudah sering kita lakukan untuk menambah wawasan generasi anak-anak, dan juga mengedukasi, sebelumnya kita mengajarkan tentang tanaman yang dibuat dari serabut kelapa jadi kompos, jadi dari tanah kita satukan dan kita jadikan bentuk bola-bola dan kita tambahkan dengan serabut kelapa lalu jadi kompos gitu,” tutur Alvinda Akbar.

Baca Juga :  Jelang Idul Fitri Pemkot Tangerang Akan Lakukan Penataan Pasar

Acara yang dimulai sekitar 15:30 WIB di Kampung Cacing Kota Tangerang, kemudian akan di akhiri untuk berbuka puasa bersama. (A. Farhan)