Beranda Berita Photo ASTRABI (Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia) Berkarya Untuk Negeri

ASTRABI (Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia) Berkarya Untuk Negeri

BERBAGI

Jakarta, Beritatangsel.com – Astrabi terus melestarikan dan mengembangkan ‘Maen Pukulan Betawi Sebagai khasanah kekayaan budaya Nusatara dari Betawi untuk indonesia’

Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia ( Astrabi), Menggelar RAKER Ke II bertempat di Puri Mega Hotel,Jalan Rawamangun No.59 Rawasari Cempaka Putih Jakarta Pusat. Sabtu (27/03/2021)

Rapat Koordinasi Pra Raker Astrabi ( Asosiasi. Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia yang di Pimpin langsung oleh.Ketua Umum H, Anwar Al Batawi,di hadiri Kepala Dinas Kebudayaan DKI Iwan Hendry Wardhana, Anggota DPD RI Fraksi PKS H Ismail Spd ,Ketua Umum Bamus Betawi ( 1982 )

H,Oding ,H,Beki Mardani Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi beserta Jajaran Ketua dan Perwakilan Korwil – Korwil Astrabi JABODETABEK dan para tamu undangan.

Sebelum acara dimulai menyanyikan lagu kebangsaan ( Indonesia Raya ).dan lagu ASTRABI.

Diacara RAKER ke II ditandai dengan pemukulan GONG sebagai tanda resmi dibuka nya RAKER ke II oleh Iwan Hendry Wardhana.Dari Kapala Dinas Kebudayaan DKI.

Sekaligus pemberian Cindera mata dari Ketua Umum ASTRABI, H,Anwar Albatawi. Acara RAKER ke II dihibur oleh beberapa Pertunjukan Silat Betawi dan tarian Betawi.

Setelah usai memberi kata sambutan Acara. Kepala Dinas Kebudayaan PEMPROV DKI Iwan Hendry Wardana,saat diwancarai oleh awak Media Mengatakan.

“Acara Raker ke II ini sangat luar biasa di inisiasi para pengurus Asosiasi Pencak silat Tradisi Betawi Indonesia ( Astrabi) dan juga sebagai Ketua umum H, Anwar Albatawi, telah melaksanakan kegiatan dengan baik yang pada awalnya harus di mengemukakan memenuhi Protokol kesehatan ( Prokes ) di mana kegiatan ini semua peserta memenuhi persyaratan untuk masuk,dan melakukan pembahasan kriteria Protokol Kesehatan,( Prokes )

Saat ini Astrabi sedang melaksanakan RAKER II di mana Program – program kerjanya ini tentu saja bukan hanya kegiatan – Kegiatan yang menjaga dan melestarikan kebudayaan.

Baca Juga :  Pendikikan Pranikah oleh BP4 KUA dan LKAPP

Namun Astrabi juga mencoba mengembangkan Kebudayaan itu sendiri,dan para pegiat seni Budaya ini sangat memiliki daya Cipta kersat ide dan lain – lain, yang musti di apreasi oleh Pemprov DKI layak nya mereka harus mendapat jaminan hari tua” kata Iwan.

Disela sela Acara RAKER Ketua Umum Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia ( Astrabi ) memaparkan.

” Alhamdulillah kita bisa berkumpul kembali setelah sekian bulan tidak ada kegiatan,saya berharap ketika yang hadir hari ini agar senantiasa tetap terus berkarya,Astrabi berusaha menjadi pelayan kepada sesepuh dan pendulu nya bukan menjadi orang yang mencari nama, dan saya bangga bahwa dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) telah hadir, Pencak silat sebenarnya bukan hal baru bagi orang Betawi tapi bagi saya adalah barang baru. Ketika H, Busron mengenal kan pencak silat kepada saya dan Astrabi di mana dasar saya berdiri.Astrabi bukan hanya di kenal di Jakarta saja tapi,Astrabi sudah di kenal ke beberapa daerah. Maen pukulan Betawi harus lebih berkembang dan Astrabi sudah berada di Spanyol,Chili dan Belanda,hari ini peran Betawi kita ambil dari jalur Budaya,karena di dalam Budaya kita titip kan dari Politik,agama dan lain – lain, maka pertahan kan budaya ini karena dengan Budaya yang kuat Indonesia dan Betawi tetap terjaga.” Tutur H.Anwar Al Batawi

Selanjutnya ditempat yang sama, H,Oding Ketua Bamus Betawi ( 1982 ) turut memberi Aplus Apresiasi menyampaikan

” Keberadaan ASTRABI Dibetawi ini berkembang tumbuh sangat pesat terutama dalam mengembangkan Budaya tradisi silat,Astrabi sudah melaksanakan RAKER ke II , Inovasi – inovasi nya banyak.

dan Astrabi sebagai Organisasi dan juga sebagai pengawal Budaya yang ingin mengembangkan salah satu nya, mengangkat harkat martabat kemasalatan Budaya Betawi sendiri .” Ucap H, Oding Ketua Umum Bamus Betawi ( 1982 ). ( Erick,H )