Beranda Uncategorized Keren Banget! Begini Ide Kreasi Warga RT.07/RW.08 Total Persada Kota Tangerang Untuk...

Keren Banget! Begini Ide Kreasi Warga RT.07/RW.08 Total Persada Kota Tangerang Untuk Menangkal COVID-19 Dengan Kearifan Lokal

BERBAGI

Kota Tangerang, Beritatangsel.com – Warga RT.07/RW.08 di Perumahan Total Persada Kelurahan Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang memiliki cara unik untuk mengampanyekan gerakan pelestarian lingkungan.

Warga Perumahan Total Persada memilih mural 3D untuk di jadikan sebagai media kampanye gerakan pelestarian. Saat ini, ada 1 kampung di perumahan tersebut yang disulap menjadi menarik, yakni Kampung Berhias di RT.07/RW.08.

Gambar-gambar hewan dan tumbuhan hingga tulisan pesan terhadap pencegahan penularan COVID-19 saat ini menghiasi tembok yang berada di dinding tanggul kali sabi di RT.07/RW.08. Ada gambar pegunungan, air tenjun, pohon kelapa, bahkan ada gambar chattingan WhatsApp, dan lainnya. Warna hijau biru dan merah mendominasikan mural 3D tersebut. Gambar-gambar tersebut menarik perhatian sejumlah warga sekitar.

 

Sementara itu, di Jl. Solo 1 RT.07/RW.08 warga merencanakan sebuah taman bermain, dan menambahkan gambar yang lebih bervariatif. Tembok yang panjangnya kurang lebih 50 meter, gambar-gambar 3D seperti gajah, kura-kura, burung, dan lainnya menghiasi tembok. Unik dan menarik.

Pengurus RT.07/RW.08 Kelurahan Gembor Yadi mengatakan ide awal memilih mural untuk dijadikan sebagai media kampanye pelestarian berawal dari diskusi bersama dengan warga RT.07.

Warga RT.07, sambungnya, sepakat untuk menjadikan Kampung Berhias. “Kemudian muncul ide tentang mengampanyekan pelestarian lingkungan, disebutnya kampung berhias seperti ini. Anggaran pembuatan kampung berhias ini bersumber dari bantuan warga,” kata Andi saat ditemui beritatangsel.com di Kampung Berhias RW 08, Sabtu (09/01/2021).

Yadi pengurus RT.07 tak menampik, Kampung Berhias merupakan salah satu kampung yang kumuh. Pasalnya, di kampung tersebut terdapat kali sabi yang tak sering terjadi banjir ketika hujan lebat. Kondisinya yang tak terawat berdampak pada lingkungan kampung.

“Memang tadinya kumuh. Kita mulai berbenah, selain tembok jalan juga kita hias. Ada pemasangan biopori dan menanam tumbuhan juga dibeberapa lokasi untuk penghijauan nantinya,” ucapnya.

Baca Juga :  Cegah Penduduk Liar, Kelurahan Pondok Bahar Gelar Operasi Yustisi

Ditempat yang sama, Sekertaris RT.07/RW.08 Arif Setiabudi menambahkan dari awal kita memanfaatkan lahan kosong yang tadinya kampung yang kumuh dan kita merubah menjadi tamah bermain baik untuk anak-anak, ibu-ibu dan warga yang ada di sekitarnya, kami berharap agar dapat melibatkan pemerintah daerah untuk mendukung warga kami dalam membentuk ide-ide kreatif yang ada di Kampung Berhias ini, ungkapnya. (A. Farhan)