Beranda Berita Photo Guna Berikan Edukasi ke Masyarakat Saat Pandemi Covid 19, Universitas Malikussaleh Gelar...

Guna Berikan Edukasi ke Masyarakat Saat Pandemi Covid 19, Universitas Malikussaleh Gelar KKN Bertajuk Kesehatan di Komplek Departemen Kesehatan Ciputat Tangsel

BERBAGI
Sekelompok mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh yang beranggotakan Muhammad Andy Arief mahasiswa Teknik Arsitektur, Achmedina Salsabila Edinbur mahasiswi program studi Psikologi dan Intan Nurul Izzah mahasiswi Pendidikan dokter mengadakan health sharing sebagai bentuk edukasi kepada warga khususnya dilingkungan RT 004 komplek Depkes Ciputat. Edukasi diberikan kepada warga sekitar dengan risiko tinggi terhadap ancaman virus corona (Covid-19).

CIPUTAT, BERITATANGSEL.COM – Dalam Rangka menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada masyarakat, Universitas Malikussaleh terus memeberikan kesempatan terhadap mahasiswa dan mahasiswinya untuk melakukan KKN sesuai dengan Jurusan yang diambil diperkuliahan.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini merupakan kegiatan yang terjadwal secara akademik di Universitas Malikussaleh (UNIMAL). Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari tridarma perguruan tinggi selama 1 bulan penuh yang dimulai dari 20 Oktober sampai 20 November 2020.

Penyuluhan Edukasi Kesehatan Mahasiswa KKN Kelompok BK 065 dan 080 Unimal

Salah satu kegiatan KKN berlangsung pada 27 Oktober 2020 di lingkungan Komplek Departemen Kesehatan Blok D3 No. 15 , Jl. Ki Hajar Dewantara, Ciputat, Tanggerang Selatan.

Sekelompok mahasiswa KKN-BK Universitas Malikussaleh yang beranggotakan Muhammad Andy Arief mahasiswa Teknik Arsitektur, Achmedina Salsabila Edinbur mahasiswi program studi Psikologi dan Intan Nurul Izzah mahasiswi Pendidikan dokter mengadakan health sharing sebagai bentuk edukasi kepada warga khususnya dilingkungan RT 004 komplek Depkes Ciputat.

Edukasi diberikan kepada warga sekitar dengan risiko tinggi terhadap ancaman virus corona (Covid-19).

Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan memperhatikan jaga jarak, Sesuai bidang masing-masing para Mahasiswa/i memberikan edukasi.
Dalam KKN nya, Anggota KKN Intan Nurul Izzah sebagai mahasiswi kedokteran memberikan materi mengenai langkah peningkatan imunitas.

“Oleh karena itu, kami berinsiatif memberikan edukasi mengenai cara meningkatkan imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung vitamin yang dibutuhkan terutama pada saat pandemi sekarang ini ” ucap Intan Nurul Izzah salah satu anggota kelompok KKN.

Sementara itu, Anggota KKN Lainnya Achmedina Salsabila Edinbur sebagai mahasiswi Psikologi memberikan tips kepada masyarakat dalam mengelola stress akibat kondisi pandemik saat ini.

Baca Juga :  Walikota Tangsel Jelaskan Kebijakan Penanganan Covid-19 Kepada DPR-RI

“kunci terhindar dari virus corona atau COVID-19 bukan hanya hidup bersih, sehat, dan di rumah saja, tetapi kesejahteraan psikologis juga dibutuhkan,” Katanya.
Mahasiswi Psikolog itu mengingatkan akan pentingnya mengelola stres dan menjaga kesehatan psikologis selama masa pandemi COVID-19, guna mendukung kesehatan fisik.

“Kesejahteraan psikologis akan sangat berpengaruh pada kesejahteraan atau kesehatan fisik seseorang, sehingga pada masa pandemi COVID-19, selain memberi asupan pada tubuh, kita juga harus beri asupan vitamin untuk psikis kita,” ujar Salsa.

Dirinya menuturkan, kesejahteraan psikologis bisa didapatkan dengan beragam upaya.
Pertama, melalui asupan makanan bergizi seimbang agar produksi hormon yang mempengaruhi emosi bisa stabil.

Kedua, rutin melakukan aktifitas di rumah.

Salsabila menuturkan bahwa kendati masyarakat tengah mengikuti kebijakan pemerintah untuk di rumah saja, mereka harus tetap aktif, melakukan kegiatan rutin di dalam maupun di luar rumah, misalnya olahraga.

Ketiga, menjaga pola tidur. Tubuh akan melakukan proses perbaikan diri di waktu tidur.
Menurutnya, pola tidur merupakan hal penting untuk menjaga kesejahteraan psikologis, sebab jika tubuh berfungsi dengan baik, maka otak pun dapat berpikir dengan baik.

Keempat, perkuat hubungan sosial. Kendati masyarakat hanya diam di dalam rumah, atau hanya bekerja dari dalam rumah, mereka harus tetap mempertahankan hubungan sosial.
Hubungan sosial bisa dipraktikan melalui media sosial atau perantara komunikasi lainnya.
Hubungan ini juga bisa dijalin dengan cara membantu sesama yang tengah kekurangan di tengah pandemi ini.

Kelima, memilih informasi. Ketty menyatakan bahwa informasi dari sumber terpercaya adalah salah satu upaya menjaga diri agar tidak stres.

Lebih lanjut, terkait kesejahteraan psikologis, hal itu memang harus terus dilakukan selama masa katantina mandiri ini, lebih baik lagi jika kesejahteraan psikologis ini ditulakan pada orang lain.

Baca Juga :  Masih di Eropa, Jesica Iskandar Jual Tiket VIP Konser Selena Gomez

“Misalnya dapat diusahakan dengan cara menebar kalimat-kalimat positif, dan memberikan dukungan positif bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Dengan membuat diri kita bahagia, kita juga sekaligus akan dapat membuat orang lain disekitar kita bahagia,” ungkapnya.

Menurut mereka, masyarakat daerah Jakarta, Tangerang dan sekitarnya sudah cukup memahami pandemi Covid-19. Namun sayangnya, sering kali terlihat masyarakat yang lalai dan melonggarkan protocol kesehatan Covid-19. Sebab itu, dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kembali antisipasi masyarakat terhadap penyebaran Covid-19. Kemudian, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan warga RT 004 terkait perawatan kesehatan, khususnya di masa pandemi.

“Kami juga berharap dengan kegiatan yang telah diselenggarakan dapat kembali menggugah semangat warga dalam menjalankan protokol kesehatan dan merawat kesehatannya,” ujar Ketua Kelompok KKN BK-K 080, Muhammad Andy Arief.

Pada akhir kegiatan, Andy dan anggota kelompok kkn memberikan cinderamata berupa hidangan mie caluk khas Aceh dan minuman jeruk hangat. Tidak lupa, mereka juga memberikan sebuah bingkisan berupa masker sekali pakai.

Sementara itu, Ketua RT 004, Amanudin menyampaikan rasa terimakasihnya atas kedatangan mahasiswa KKN Unimal yang telah memberikan kegiatan edukasi kepada warga Kami.

“Alhamdulillah, kedatangan adik-adik KKN Unimal yang menggelar edukasi ini membuat warga sangat senang dan menambah warna baru juga di lingkungan komplek kami khususnya rt 004 rw 011,” ujar Amanudin.

Senada dengan hal tersebut, masyarakat sekitar juga memberikan respon positif kepada mereka. Sebab masyarakat merasa perlu adanya penguatan supaya tetap memiliki semangat hidup yang baik di masa pandemi.(Rilis/Red)