Beranda Berita Photo Pengamat Sebut Program Prioritas Muhamad-Saras Sudah Dilakukan Pemerintah Pusat

Pengamat Sebut Program Prioritas Muhamad-Saras Sudah Dilakukan Pemerintah Pusat

BERBAGI

BERITATANGSEL.COM– Direktur Kajian Kebijakan Publik Indonesian Of Social Political Institute (ISPI) Muhamad Sidik menilai, program prioritas pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Muhamad-Rahayu Saraswati terkait pemberian vaksin gratis untuk 1,7 juta warga Tangsel, termasuk pemberian insentif untuk pelaku UMKM, sekadar membonceng program yang dibuat pemerintah pusat.

Menurut Sidik, program prioritas pasangan nomor urut 01 tersebut, sebelumnya telah dijalankan pemerintah pusat melalui kementerian terkait. Seperti Vaksin gratis, misalnya, kini tengah dirumuskan Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sementara pemberian insentif bagi pelaku UMKM programnya telah berjalan di Kementerian Koperasi dan UMKM.

“Apa yang disampaikan Rahayu Saraswati sebenarnya sudah dilakukan pemerintah pusat. Misalnya soal pemberian insentif pada pelaku UMKM, itu serapan programnya sudah 72 persen, begitu juga dengan pembagian vaksin gratis, jauh-jauh hari Erick Thohir sudah bicara soal itu,” katanya, Kamis (15/10) saat berdiskusi di Jalan Pahlawan, Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur.

Seperti diketahui, berdasarkan Perpres No 82 Tahun 2020, Presiden Jokowi telah membentuk Tim Penanganan Covid-19 dan PEN, tugasnya mencakup penanganan Covid-19 dengan cara pembagian vaksin kepada 90 juta penduduk mengacu pada data Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Untuk pemberian insentif pada pelaku UMKM, pemerintah juga telah meluncurkan Bantuan Presiden (Banpres) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar 2,4 juta untuk pelaku UMKM. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM, serapan program tersebut sedari Agustus sampai September sudah mencapai 72,46 persen.

Sebelumnya, saat menghadiri pemaparan visi-misi pasangan calon walikota dan wakil walikota, Saraswati menyatakan akan menghadirkan program priorotas untuk 100 hari pertama. Di antaranya yakni pembagian vaksin gratis dan pemberian insentif bantuan pada pelaku UMKM di bidang ketahanan pangan.

Baca Juga :  Esok, PPS Betako Merpati Putih Cabang Kota Tangsel Mulai Latihan Perdana di BSD

“Dengan program prioritas 100 hari pertama, yaitu dengan penanganan covid-19 memastikan bahwa, setiap warga Tangsel dengan 1,7 juta jiwa akan mendapatkan vaksinasi covid-19 secara gratis. Pemulihan ekonomi juga menjadi perhatian. Kami akan memberikan penekanan khusus kepada UMKM. Kami ingin memberikan insentif bantuan dalam bidang ketahanan pangan. Kami akan memastikan program-program kami, diselaraskan dengan program pemerintahan pusat,” kata Saraswati. (Haji Merah)