Beranda Berita Photo Walikota Tangsel Resmikan Layanan Antar Jemput Dokumen Kependudukan Disdukcapil

Walikota Tangsel Resmikan Layanan Antar Jemput Dokumen Kependudukan Disdukcapil

BERBAGI

Tangsel, Beritatangsel.com – Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany resmikan Sianduk (Sistem Pengiriman Dokumen Kependudukan) yang merupakan Layanan Antar Jemput Kependudukan Disdukcapil Kota Tangsel, Jumat (02/10). Layanan antar jemput ini merupakan inovasi yang dikeluarkan oleh Disdukcapil untuk memberikan pelayanan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Airin menjelaskan bahwa meskipun wabah bencana non alam ini sedang berlangsung. Pembangunan daerah tetap harus dilakukan. Melalui inovasi Airin yakin pelayanan sebagai salah satu instrumen pembangunan daerah tetap dilakukan.

“Pelayanan kependudukan merupakan salah satu yang memang sangat terpengaruh pada saat pandemi ini,” ujar Airin.

Semenjak Covid-19 Disdukcapil yang biasanya bisa menampung pelayanan sampai 2000 pelayanan terpaksa berkurang drastis hingga 300 orang sehari. Tentu saja dibutuhkan inovasi agar masyarakat tetap bisa menerima pelayanan kependudukan.

Airin mengapresiasi seluruh inovasi Disdukcapil. Yang mana beberapa stand pelayanan dibuka. Misalnya di beberapa titik pusat keramaian yaitu Mall. Dengan harapan bahwa pelayanan masyarakat tetap dilakukan tanpa harus di kantor Disdukcapil.

Sementara Kepala Disdukcapil Dedi Budiawan menjelaskan bahwa Sianduk ini adalah salah satu pilihan terhadap masyarakat yang mungkin berhalangan hadir untuk mendapatkan KTP atau dokumen kependudukan lainnya.

Untuk program ini, Disdukcapil berkerjasama dengan Gojek dan Grab untuk melakukan pengiriman dokumen. Adapun prosesnya dimana sesuai dengan UU yang berlaku. “Yaitu 14 hari kerja,” kata dia. Adapun pilihannya pun sudah disediakan oleh dua aplikasi tersebut

Dedi menambahkan dengan adanya program ini, dia berharap mampu melayani 2000 perndaftaran. Supaya seluruh kebutuhan pelayanan administrasi masyarakat Kota Tangerang Selatan. ”Supaya seperti semula lagi,” kata dia.

Sementara untuk saat ini, Disdukcapil memastikan bahwa Disdukcapil akan melayani 1.000 pendaftaran. Dimana kuota tersebut akan dibagikan kepada Gojek dan Grab. ”Jadi nanti untuk kepastian keamanan berkas, akan kami segel.” Ujar dia.(Red/humastangsel-kominfo)

Baca Juga :  Untuk Mencegah Pertikaian dan Ugal-Ugalan Di Jalan, Dindikbud Tangsel Himbau Pelajar Tidak Lakukan SOTR