Beranda Berita Photo Webinar Pendidikan, ITI Berkomitmen Lahirkan Sarjana Yang Memiliki Etos Kewirausahaan di Era...

Webinar Pendidikan, ITI Berkomitmen Lahirkan Sarjana Yang Memiliki Etos Kewirausahaan di Era Digital

BERBAGI
Rektor ITI Dr. Ir. Marzan A Iskandar, IPU

SETU, BERITATANGSEL.COM — Sebagai sebuah perguruan tinggi yang mengedepankan pendidikan teknologi sebagai salah satu bentuk keunggulan bangsa dalam memajukan dan mensejahterakan rakyatnya, ITI tetap berkomitmen untuk melahirkan para lulusan sarjana teknik dan insinyur yang memiliki wawasan yang luas dan memiliki etos kewirausahaan yang tinggi.

Dengan berkembangnya era teknologi digital dan teknologi informasi yang berkembang sangat cepat saat ini dan mempengaruhi setiap sendi-sendi kegiatan masyarakat dan industri Ditambah saat Pandemi saat ini, tak menyurutkan semangat Alumninya untuk terus melakukan yang terbaik menyiapkan SDM-SDM yang handal dengan melakukan berbagai event-event.

Sukses dengan Webinar Seri ke 3, para Alumni Kampus ITI bekerja sama dengan Civitas Kampus ITI yang peduli Akan Generasi Selanjutnya menggelar kembali Webinar Seri ke 4 dengan mengangkat Tema “Nilai-nilai Pendidikan & Keprofesionalan Di Era Digital” Pada sabtu malam, 19/9/20

Menyikapi dinamika demi dinamika, Rektor ITI Dr. Ir. Marzan A Iskandar, IPU dalam sambutanya saat membuka Acara Alumni ITI Webinar Series ke 4 mengutarakan, Kampus ITI berkomitmen menjadikan teknologi digital sebagai materi perkuliahan wajib yang diberikan di setiap program studi yang ada di ITI untuk membuka wawasan setiap program studi tentang betapa pentingnya pengaruh teknologi digital ini pada pengembangan setiap program studi kedepannya.

Selain itu juga, Kata Rekntor menambahkan, hal ini kami lakukan dalam Menselaraskan implementasinya juga diberikan kesempatan bagi mahasiswa, alumni atau masyarakat yang ingin mengembangkan semangat kewirausahaan berbasis teknologi melalui Pusat Inovasi dan Inkubasi Bisnis (PI2B) yang teleh dimiliki ITI saat ini. 

Tidak hanya itu, Lanjut Rektor mengatakan, Hal ini sejalan dengan visi ITI menjadi Technoprenuer University berbasis teknologi.

Lebih jauh disampaikan Rektor, bahwa saat pencapaian ITI yang tercatat menduduki peringkat 59 dari 2.316 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang merupakan hasil dari pemeringkatan klusterisasi PT oleh Kemendilbud pada tahun 2020. “ini akan menjadikan ITI sebagai PT yang mampu dan bersaing secara berkualitas dalam menghasilkan sarjana teknik dan insinyur yang teruji, handal dan kompeten,” Jelas Rektor.

Baca Juga :  Kegiatan Ngabuburit On Spot UMKM di Tamkot 2 Dibuka Wakil Walikota Tangsel 

Acara yang dipandu oleh Ir. Sri Witjaksono W, ST, MM, IPU, AER yang juga sebagai Ketua Ikatan Alumni ITI ( IA ITI) ini menampilkan pembicara dari alumni yang kompeten di bidangnya yaitu Prof. Dr. Manlian Ronald. A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min, Kaprodi S2 T. Sipil Universitas Pelita Harapan (Alumni Arsitektur ITI 93) dan juga Yudhiansyah Ahmadin, S.T, M.T.I, Founder and CTO PT Focus Integrasi Sistem (Alumni Teknik Informatika 92).

Acara yang diikuti oleh umum, para unsur Pimpinan, Dosen, Alumni dan para mahasiswa ITI, Prof Manlian dalam Materinya menyampaikan, bahwa nilai-nilai pendidikan merupakan dasar dari proses transformasi dari unsur minat, bakat, ketaatan, ketekunan, kedisiplinan, kesetiaan, keterdampakan dan pandangan ke depan (visioner) yang mengarahkan kepada nilai-nilai profesionalisme yang terukur dan teruji oleh pihak yang berwenang memberikan pengakuan baik melalui sertifikasi keprofesian dan kompetensinya.

“Hal ini menjadi penting bahwa daya saing dalam antisipasi dan implementasi era teknologi digital ini terletak pada nilai-nilai profesional yang berbasis pendidikan, pengalaman, membangun jejaring, proses berkelanjutan dan kemampuan visioner,” Katanya. 

Tidak dapat dipungkiri, Kata Prof Manlian, bahwa hal ini tidak sekedar pada kemampuan teknisnya saja akan tetapi juga pada bagaimanakah menempatkan etika profesi yang sudah melekat dan ditanamkan sejak bangku perkuliahan. 

Demikian juga Pemateri Lainnya, Yudhiansyah Ahmadin, ST, MT menambahkan, bahwa kemampuan hard skill dan soft skill yang dimiliki akan memberikan nilai tambah bagi pengembangan pribadi apabila didasari dengan sikap atau perilaku (attitude) yang baik dan terpola. 

“Sehingga bentuk apapun implementasi teknologi digital akan memberikan manfaat dan dampak yang luas bagi masyarakat. Rendahnya kepekaan sosial dan lingkungan akan menjadikan pemanfaatan teknologi menjadi tidak tepat sasaran dan berdampak luas,” Tandasnya.

Baca Juga :  Polisi Kejar Pemilik Gudang Elpiji yang Digerebek di Serpong

Acara Webinar Seri ke 4 kali ini ditutup oleh Wakil Rektor ITI, Dr Ir Sidik Marsudi.

“bahwa peran dan kontribusi alumni akan sangat membantu dan memberikan dampak terhadap kualitas perguruan tinggi itu sendiri Dan perlu kesinambungan dalam mewujudkannya,” Pungkasnya.(Red/Jhon)