Beranda Berita Terkini Ciputat Suhu Terpanas di Indonesia

Ciputat Suhu Terpanas di Indonesia

BERBAGI

BERITATANGSEL.COM,- Suhu panas menyengat Indonesia. Hal ini terlampir dari data sejumlah stasiun meteorologi di pulau Jawa hingga Nusa Tenggara (wilayah selatan equator) mencatat suhu udara tertinggi mencapai 39,6 derajat celcius.

Suhu panas ini, memecahkan rekor suhu tertinggi yang pernah terjadi di Indonesia sebesar 39,5 derajat celsius pada tahun 2015 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat suhu tertinggi mencapai 39,6 derajat celcius berada di wilayah II Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, pada Rabu (23/10/2019) lalu.

Kelapa Bidang Manajemen Observasi Meteorologi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Hary T Djamiko mengatakan, suhu panas itu disebabkan radiasi matahari maksimum (biasa disebut kulminasi matahari).

“Jadi pada bulan Oktober posisi semu matahari berada tegak lurus di atas Jawa, Bali dan Nusa Tenggara,” ujar Hary melalu keterangan tertulisnya

Posisi semu matahari yang berada di atas Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara inilah yang menyebabkan suhu permukaan menjadi lebih terik.

“Pergerakan equator ke arah selatan akan menyebabkan kenaikan suhu hingga 8 derajat celcius” kata Hery.

Menurut dia, suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan akibat dari adanya gerak semu matahari. Hal itu biasa dan terjadi setiap tahun.

Karena itu, BMKG mengimbau masyarakat yang terdampak suhu udara panas untuk minum air putih yang cukup demi terhindari dari dehidrasi.

Diperkirakan Wilayah yang dilanda suhu panas dapat kembali normal pada akhir Oktober ini. (Vivi Fitriastuti)

Baca Juga :  Pengabdian yang Mengilhami: Mahasiswa KKK UNIS Tangerang Meninggalkan Jejak Berkilau di Panunggangan