Beranda Berita Photo UMKM Tangsel Dilatih Melek Digital,Strategi Menguasai Pasar Berbasis Digital

UMKM Tangsel Dilatih Melek Digital,Strategi Menguasai Pasar Berbasis Digital

BERBAGI

SERPONG.BERITATANGSEL.COM- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Pembinaan TIK E UMKM selama tiga hari sejak 22-24 April 2019 di Hotel Pranaya Serpong Tangsel.

Kegiatan yang mengambil tema Membangun Strategi Menguasai Pasar Berbasis Digital Marketing ini dihadiri oleh 50 peserta dari berbagai bidang UMKM.

“Dalam acara ini kita ingin memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para pelaku UMKM Tangsel terkait dengan digital marketing,” ungkap Plt Kepala Dinas Kominfo Tangsel Fuad.

Menurutnya pelatihan ini sudah menjadi Visi Misi dari Pemkot Tangsel yang diamanatkan kepada Dinas Kominfo. Pihaknya bekerjasama dengan Dinkop dan UKM juga Disperindag agar bisa meningkatkan wawsan bagi para pelaku UMKM

“Saya mencari data, ternyata jumlah UMKM di Tangsel sebesar 97 persen dibandingkan jumlah pengusaha besar yang hanya 3 persen. Ini luar biasa, artinya sebagian besar pelaku usaha dikita adalah UMKM,” jelasnya.

Jumlah UMKM di Tangsel sebesar 23 ribu. Namu yang melek digital hanya 6 persen. Ini tantangan kami dibandingkan dengan negara tetangga kita masih jauh,Padahal saat ini digital sudah tidak bisa dihindari lagi.

Perkembangan TIK telah membawa perubahan yang sangat mendasar terhadap kesecapat penyebaran informasi, sehingga sangat cepat dan mudah untuk diakses masyarakat

“Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta mampu untuk meningkatkan pemhaman dan pemanfaatan TIK terutama pemanfaatan dalam pemasaran produk-produk unggulan UKM Tangsel

Sementara itu Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, bahwa Smart City bagi Kota Tangsel saat ini bukan lagi sebuah pilihan tetapi keharusan Kota dengan label smart city diharapkan memiliki tingkat perekonomian dan kesejahteraan finansial dengan pertumbuhan ekonomi yang baik dan pendapatan perkapita yang tinggi.

“Jadi pada aspek ini dibutuhkan berbagai inovasi untuk meningkatkan peluang usaha dan dimungkinkan untuk meningkatkan peluang pasar terutama pelaku UKM,” kata Airin.

Baca Juga :  Jelang WTA, Dinkop dan UKM Tangsel Genjot Kualitas Produk UMKM Binaan Koperasi

Dalam rangka menunjang misi peningkatan dan pengembangan ekonomi kerakyatan yang berbasis inovasi dan produk unggulan, pemerintah Kota Tangsel melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap pelaku UKM dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

“Hal ini merupakan salah satu program smart city Kota Tangsel sebagai langkah nyata pemerintah dalam mendukung pengembangan UKM di Kota Tangsel,” bebernya. (Humas-Kominfo)