Beranda Berita Terkini Pemilu Serentak 2019, KPU Tangsel Sosialisasikan Surat Suara

Pemilu Serentak 2019, KPU Tangsel Sosialisasikan Surat Suara

BERBAGI
Anggota KPU Kota Tangsel, Saat Sosialisasikan Kertas Surat Suara Pemilu Serentak 2019

PAMULANG, BERITATANGSEL.COM – Pemilu yang digelar serentak antar Pilpres dengan Pileg ini memang masih membuat masyarakat sedikit bingung. Pasalnya pada Pemilu serentak 2019 ini akan ada sebanyak 5 lembar surat suara.

Adapun 5 lembar surat suara tersebut ialah, surat suara untuk DPRD tingkat kota/kabupaten, DPRD tingkat Provinsi, DPR RI, dan DPD RI, serta surat suara untuk Pilpres.

Karena masih banyak masyarakat yang kurang tahu dan kurang paham terkait surat suara tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel pun terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Tentunya agar masyarakat nantinya tidak bingun ketika sudah ada di dalam bilik suara pada 17 April 2019. Pada saat mengambil keputusan politiknya untuk 5 tahun sekali.

Sosialisasi yang dilakukan salah satunya di Majelis Taklim Nurul Hikmah, Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang pada 26 Februari 2019. Dimana sosialisasi kali ini yang ditarget ialah kaum ibu.

Terlihat, dalam kegiatan sosialisasi itu memang masih ada sebagian besar kaum ibu yang baru tahu kalau surat suara pada Pemilu 2019 ini begitu banyak. Bahkan ada pula yang baru tahu bahwa Pileg pun dilakukan serentak pada Pemilu kali ini.

“Saya baru tahu ada juga Caleg di surat suara. Tadinya saya pikir sekarang ini kita hanya memilih presiden dan wakil presiden saja. Jadi saya beruntung sekali ikut kegiatan ini jadi banyak tahu soal Pemilu sekarang,” ungkap Ani, seorang ibu yang hadir dalam kegiatan itu.

Anggota KPU Kota Tangsel, Achmad Mudjahid Zein, yang turun langsung dalam kegiatan sosialisasi tersebut mengatakan, bahwa pihaknya memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait tahapan dan juga mekanisme pemilihan nantinya.

“Tadi kita juga beritahu mengenai surat suara, memang masih ada yang tidak tahu dan belum tahu mengenai jumlah surat suara, dan warna surat suara sesuai dengan tingkatannya. Jadi di sinilah kami sosialisasikan seluruhnya,” ungkap alumni Universitas Islam negeri (UIN) Syarif Hidyatullah Jakarta ini.

Mudjahid juga mengatakan, bahwa masyarakat diberi tahu bahwa setiap surat suara itu memiliki calon dan tingkatan yang berbeda sesuai dengan daerah pemilihan (dapil).

Dalam kegiatan itu juga KPU mensosialisasikan bagaimana nantinya mekanisme pemilihan berlangsung, dan juga menghimbau kepada masyarakat agar hadir untuk menggunakan hak pilihnya.

“Kegiatan ini bersinergi dengan Relawan Demokrasi. Dan kami juga meminta masyarakat agar datang dan gunakan hak pilihnya pada 17 April nanti. Jangan sampai ada yang Golput,” pungkas pria yang gemar membaca ini. (Humas-Kominfo)

Baca Juga :  Tak Terima Sekolah Dilempari Batu, Pelajar Di Cipondoh Terlibat Tawuran