Beranda agama Dalam Rangka HAB ke 73, Kemenag Tangsel Adakan Gerak Jalan Kerukunan Umat...

Dalam Rangka HAB ke 73, Kemenag Tangsel Adakan Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama

BERBAGI

Serpong, Beritatangsel.com – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama RI Tahun 2019, Kemenag Kota Tangsel akan mengadakan Gerak Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama, dengan mengundang peserta dari berbagai unsur lembaga keagamaan di Kota Tangsel.

Untuk suksesnya acara tersebut, Kemenag Tangsel mengundang perwakilan dari unsur lembaga keagamaan di Kota Tangsel dalam rapat persiapan, pada Senin (17/12/2018) bertempat di aula kantor Kemenag Tangsel.
.
Hadir pada rapat tersebut, Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, disampingi oleh para Kepala Seksi, Kepala KUA, Pokjawas, Pokjaluh, Kepala Madrasah Negeri, panitia, dan perwakilan dari lembaga keagamaan Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Pada kesempatan tersebut Abdul Rojak menjelaskan, tentang sejarah lahirnya Kementerian Agama (Kemenag) yang sebelumnya bernama Departemen Agama (Depag), sebagai institusi yang mempunyai pekerjaan besar yaitu menjaga dan memelihara kemajemukan terutama kemajemukan agama bangsa Indonesia.

“Saat itu Departemen Agama berfungsi untuk menjadikan kemajemukan tersebut sumber kekuatan bangsa Indonesia, bukan malah menjadi sumber konflik dan perpecahan. Inilah peran strategis dari kehadiran Kementerian Agama. Oleh karena itu, momen acara Gerak Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama dalam rangka HAB ke-73 Kementerian Agama ini harus betul-betul menjadi momentum terwujud kerukunan yang hakiki di kota Tangerang selatan,” ujarnya.
.
Lebih lanjut, Rojak menjelaskan bahwa Kementerian Agama adalah kementerian yang bertugas menyelenggarakan pemerintahan dalam bidang agama. Usulan pembentukan Kementerian Agama pertama kali disampaikan oleh Mr. Muhammad Yamin dalam Rapat Besar Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), pada tanggal 11 Juli 1945. Dalam rapat tersebut Mr. Muhammad Yamin mengusulkan perlu diadakannya kementerian yang istimewa, yaitu yang berhubungan dengan agama.
.
“Pada perkembangan selanjutnya, dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, saat ini Kementerian Agama membidangi Bimbingan Masyarakat Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Pusat Kerukunan Umat Beragama, Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemilihan Ketua RW di Kelurahan Pisangan Kota Tangerang Selatan Dengan Visi Silaturahmi Yang Baik

Dirinya berharap dengan adanya acara Gerak Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama yang di dalamnya tergabung seluruh unsur agama di Kota Tangsel, kerukunan dan kedamaian semakin kondusif di Kota Tangsel.

Rencananya, Gerak Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama ini mengambil titik Start di halaman Kantor Kemenag Tangsel, mengambil rute jalan H. Saran, menuju Jl. Citer Rw. Macek, Jl. Tandon Ciater, dan Finish di halaman Kantor Kemenag Tangsel kembali, dengan jarak sekitar 2 km, dan ditargetkan akan diikuti oleh lebih dari 3000 peserta.