Beranda Berita Terkini Dra. Siti Masrifah Bersama Direktorat Fasyankes Kembali Sosialisasikan GERMAS dan Pelayanan Serta...

Dra. Siti Masrifah Bersama Direktorat Fasyankes Kembali Sosialisasikan GERMAS dan Pelayanan Serta Fungsi Fasilitas Kesehatan

BERBAGI

Tangerang, Beritatangsel.com – Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI bersama Anggota Komisi IX DPR RI ajak masyarakat  hemat biaya kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat. Untuk itu dilakukan advokasi dan Gerakan Masyarakat (Germas) sambil memberikan penjelasan soal fungsi Fasilitas Kesehatan, Selasa (6/11/2018).

Acara tersebut digelar di Kampung Kebon Cau Desa Babakan Asem RT.002/01 kecamatan teluk naga Kabupaten Tangerang. Dan dihadiri langsung oleh tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang hadir tokoh masyarakat diantaranya Nyai ustadzah hj. Suryani zarkasyi, Kh. Abdullah, Kh. Idham kholid, Kh. Bustomi zarkasyi, Kh. Mahris silah, Muhammad yusuf mubarok beserta tokoh pemuda H. Zarkoni.

Saat ini, Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain.

Menurut Anggota Komisi IX DPR RI dari PKB Dra. Siti Masrifah Mengungkapkan Dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah, menurunnya produktifitas masyarakat, menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.

“Gerakan masyarakat hidup sehat” adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.” Terang Siti Masrifah

Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa ; untuk itu GERAKAN MASYARAKAT (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Baca Juga :  Transportasi Bus Granded Akan di Bangun di Kota Tangerang

Adapun prinsip dari “Gerakan masyarakat hidup sehat” adalah kerjasama multi sektor dan pemangku kepentingan, antara sektor kesehatan, akademisi, LSM dan sektor-sektor lainnya, keseimbangan masyarakat, keluarga, dan individu, pemberdayaan masyarakat, khususnya mereka yang mau hidup sehat dan menjadi mitra pengendalian penyakit, penguatan sistem kesehatan, reformasi dan reorientasi pelayanan kesehatan; penguatan siklus hidup, jaminan kesehatan sosial, fokus pada pemerataan penurunan penyakit karena determinan sosial seperti kemiskinan, gender, lingkungan, budaya, tingkat pendidikan, dan kemauan politik.

“Untuk mewujudkan “Gerakan masyarakat hidup sehat” perlu sebuah kampanye dan sosialisasi agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Kampanye dan sosialisasi ini dibutuhkan dukungan peran dari K/L terkait, komitmen, dan yang terpenting adalah monitoring pelaksanaan Germas,”jelasnya

Secara umum Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauandan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas adalah Peningkatan aktivitas fisik, Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, Peningkatan kualitas lingkungan, Peningkatan edukasi hidup sehat

“Guna mencapai tujuan Germas secara lebih fokus dan terarah, maka setiap tahun dibuat beberapa fokus kegiatan dari Germas ini. Disamping fokus Germas secara nasional, juga dibuat fokus Germas secara lokal sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah,”Beber Siti Masrifah

Keberhasilan gerakan masyarakat hidup sehat ini sangat tergantung pada partisipasi aktif semua stakeholder dan masyarakat. Masyarakat perlu digerakkan untuk memiliki kemampuan untuk melaksanakan semua fokus kegiatan tersebut dan dapat melaksanakan dalam kegiatan sehari-hari.

Baca Juga :  Wujud Polri Peduli di HUT Bhayangkara Ke-77, Polsek Pondok Aren Lakukan Bersih-Bersih Taman Makam

Dalam penyampaian materi Siti Masrifah selaku anggota DPR RI dari PKB menyampaikan tiga tugas dan fungsi sebagai Anggota DPR, yaitu fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Dia juga menyampaikan kehadirannya di acaranya ini merupakan bagian dari fungsi pengawasan yang dilakukan. Selanjutnya dia menjelaskan soal bagaimana kita bisa merubah perilaku seperti yang tadinya malas untuk bergerak, maka mulai saat ini dibiasakan untuk melakukan gerakan fisik dengan mencontohkan gerakan dalam sholat jika dilakukan dengan benar itu bisa membuat tubuh kita sehat secara jasmani dan rohani. Kemudian memakan buah dan sayur yang itu bisa ditemukan di halaman rumah sendiri. Mengecek kesehatan secara rutin jangan nunggu sakit, menjaga lingkungan, tidak merokok dan tidak minum minuman keras.

Terakhir Siti Masrifah menyampaikan dalam kaitan dengan Fasilitas kesehatan Pratama yaitu Puskesmas. Puskesmas ini merupakan rujukan pertama, dan idealnya puskesmas itu memiliki minimal 6 pelayanan yaitu, Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Pencegahan Pemberantasan Penyakit Menular, Kesehatan Keluarga dn Reproduksi, Perbaikan Gizi Masyarakat, Penyembuhan Penyakit dan Pelayanan Kesehatan. Tandasnya (Abi)