Beranda Berita Photo Pendidikan Karakter Dini Ala Karang Taruna 05 Kelurahan Pondok Pucung

Pendidikan Karakter Dini Ala Karang Taruna 05 Kelurahan Pondok Pucung

BERBAGI

Oleh : Imron Fazri

Pondok Aren, Beritatangsel.com – Bulan suci memang sangat pas sekali untuk kita selaku umat muslim memupuk kebaikan didalamnya, bukannya hanya itu ganjaran satu kebaikan didalamnya bertambah puluh kali lipat dan hanya ada dibulan turunnya Al-Qur’an ini, berbagai OKP keagamaan serta komunitas memanfaatkan momentum ini untuk menyelenggarakan kegiatan sosial dan pendidikan seperti santunan yatim dan dhuafa, berbagi 1000 takjil, mabit (malam bina iman dan taqwa), dan lainnya.

Tidak menutup kemungkinan juga untuk pemuda karang taruna 05 bermitra dengan RISNU yang menyelenggarakan pesantren ramadhan ceria 2018. (10/05/2018) lalu. Perbedaan dengan penyelenggaraan sanlat karang taruna 05 dengan sanlat lainnya,  kali ini sanlat “versi” karang taruna 05 diarahkan pada edukasi kepemimpinan dini, kenapa tidak.

Karena sudah dirasa perlu dan dibutuhkan bagi anak2 Usia SD – SMP mendapatkan pendidikan kepemimpinan khususnya pendidikan karakter, pemuda karang taruna 05  merealisasikan lewat konsep kegiatan mulai dari materi serta mekanisme isi kegiatan, seperti pembagian dusun santriwan dan santriwati dipimpin oleh kepala dusun, dan dipecah kembali dalam bentuk yang lebih kecil yaitu kelompok yang dipimpin oleh ketua kelompok dan anggota kelompok, dari teknis inilah  pesan “ruh kepemimpinan” tersampaikan.

PRC (Pesantren Ramadhan Ceria) 2018 ini berlangsung selama 2 hari dari pagi hingga waktu berbuka puasa tiba, berlangsung dgn energik dan edukatif. “Sanlat ini seru dan asyik, semoga ditahun depan dapat diselenggarakan kembali”, pukauan salah seorang anak peserta PRC 2018. belum lagi respon positif yang menggebu dari wali santri sanlat dan warga sekitar terhadap kegiatan PRC 2018 yang memiliki unsur pendidikan karakter dini.

Baca Juga :  Pemuda Berusia 21 Tahun Kejutkan Pihak Maskapai Garuda Indonesia