Beranda Berita Terkini BPMP3AKB, RW 03 Ciputat Sebagai Ramah Anak

BPMP3AKB, RW 03 Ciputat Sebagai Ramah Anak

BERBAGI

CIPUTAT, Beritatangsel.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) menggelar Persiapan Pembentukan RW Layak Anak di RW 03 Kelurahan Ciputat, Tangsel pada Rabu, (30/05/2018).

Menurut Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DPMP3AKB Tangsel, Irma Safitri, kegiatan ini dilakukan dalam rangka pendidikan dan pelatihan peningkatan peran serta kesetaraan gender.

“Kami melaksanakan kegiatan pembinaan program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di wilayah binaan dan sekaligus rapat persiapan pembentukan RW ramah anak,” ungkapnya.

DPMP3AKB melibatkan pengurus RT, RW, PKK, Puspaga, Satgas Pemberdayaan Anak, PLKB, BKB, BKR dan lainnya untuk bisa mempersiapkan RW layak anak.

“Kita memberikan informasi kepada mereka terkait apa saja yang harus disiapkan dan data-data apa saja yang diperlukan untuk perubahan dalam pemenuhan indikator RW layak anak,” terang Irma.

Dimulai dari undang-undang perlindungan anak, peran serta wilayah mendukung perlindungan anak, dan indikator lainnya hingga kepada Keluarga Layak Anak.

“Sebab, pembentukan RW layak anak diawali dari keluarga layak anak. Dimana jangan ada anak yang putus sekolah, jika ditemukan maka kita cari permasalahannya dan kita tangani,” bebernya.

Selain itu, tidak boleh juga ada perkawinan anak, jika ditemukan maka dilihat sebab perkawinan tersebut. Jika karena hamil kita edukasi anak tersebut agar bisa menjadi orangtua yang baik untuk anaknya kelak.

“Setelah mendapatkan sosialisasi, para warfa setempat setuju dan mendukung RW 03 menjadi RW ramah anak. Hingga ada beberapa lembaga yang siap membantu mensukseskan RW ramah anak,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung Kota Layak Anak, dimana Kota Tangsel sudah tiga kali berturut turut mendapatkan penghargaan sebagai Kota Layak Anak tingkat pratama.

Baca Juga :  SMP Negeri 10 Kota Tangsel Laksanakan UN 2015

Sementara, menurut Kasi Kualitas Hidup Perempuan DPMP3AKB Tangsel, Mercy Apriyanti, pembinaan P2WKSS ini terpadu, diharapkan semua OPD bisa turun membantu.

“Karena di DPMP3AKB ada program Kota Layak Anak, jadi ditetapkan lokasinya di lokasi binaan P2WKSS untuk pembentukan RW layak anak,” jelasnya.

Menurutnya, masyarakat setempat senang dengan adanya program RW ramah anak. Diharapkan program berjalan dengan sempurna hingga selesai. (Red)