Beranda Berita Terkini Disperindag Tangsel Berikan Pelatihan GMP

Disperindag Tangsel Berikan Pelatihan GMP

BERBAGI

CIPUTAT TIMUR, BeritaTangsel.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan memberikan pelatihan good manufacturing practice (GMP) kepada kelompok usaha bersama yang ada dikawasan Pasar Ciputat, bertempat di Fifo, Situ Gintung, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel, Senin (7/5).

Kepala Disperindag Kota Tangsel, Maya Mardiana, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bagian dari program RPJMD Tangsel untuk membuat kelompok usaha bersama. Target RPJMD Tangsel setahun itu ada 50 kelompok usaha bersama dengan wirausaha baru dapat terwujud, untuk itu Disperindag memberikan pelatihan manufacturing practice.

“Kita sudah memberikan pelatihan, dan ini merupakan angkatan ketiga dengan total peserta sebanyak 200 yang dibina. Dimana satu kelompok usaha bersama didalamnya terdapat 3 hingga 5 orang calon peserta usaha baru, dengan diberikan pelatihan produk dari bahan baku yang ada disekitar,” ucapnya.

“Seperti halnya air kelapa, biasanya kita membuang air kelapa, sehingga bisa bau dan polutan. Untuk itu kita bekerjasama dengan Institut Teknologi Indonesia (ITI) mengajarkan mereka cara mengelola bahan pangan tersebut agar layak dikonsumsi,” tuturnya lagi.

Sementara itu Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, mengungkapkan, program pemerintah untuk membentuk kelompok usaha bersama tentu dengan menggunakan inovasi dan teknologi yang simple yang bisa dimengerti oleh masyarakat sehingga bisa memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang positif, bisa meningkatkan perekonomian.

“Kita menggandeng ITI untuk memberikan pengetahuan cara mengelola pangan dengan inovasi yang simple sehingga kita bisa menggunakan bahan baku tersebut hingga higenis, dan sehat,” ucapnya.

Airin pun berharap pelatihan ini akan menciptakan wirausaha baru yang sesuai dengan tujuan pembangunan nasional.

 

Sumber:meta online

Editor  :imam maskur

 

Baca Juga :  Safari Pembangunan di Serpong Utara, Wakil Wali Kota Tangsel Sampaikan Apresiasi dan Tekankan Kolaborasi