Beranda Berita Terkini Tangsel Siapkan Kota Sehat Kategori Wistara

Tangsel Siapkan Kota Sehat Kategori Wistara

BERBAGI

CIPUTAT, BeritaTangsel.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan pembenahan agar bisa masuk dalam Kota Sehat Kategori Swasti Saba Wisastra. Ini adalah kategori tertinggi untuk kabupaten/kota yang memenuhi kriteria 9 tatanan sesuai potensi di daerahnya.

“Kota Tangerang Selatan sudah berproses dimulai tahun 2014, kita sudah mendapatkan penghargaan Swasti Saba Padapa tingkat Provinsi dengan 2 tatanan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan, Suhara Manullang saat Pertemuan Koordinasi Forum Kota Sehat di Aula Balaikota Tangsel, Ciputat, Senin (7/5/2018).

Pada 2015, menurutnya Kota Tangsel mendapatkan penghargaan Swasti Saba Padapa tingkat Nasional. Selanjutnya pada 2016 Tangsel mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda tingkat Provinsi.

Pada tingkat provinsi tadi, Kota Tangsel memenuhi empat 4 Tatanan yang menjadi syarat. Antara lain Tatanan 1 Kawasan Pemukiman dan Sarana Prasarana Sehat, Tatanan 5 Kawasan Industri dan perkantoran Sahat, Tatanan 8 Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan Tatanan 9 Kehidupan Sosial yang Sehat.

“Tahun 2017 Alhamdulillah Tangsel juga mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda tingkat Nasional. Dan tantangan kita Tahun ini, kita akan di Verifikasi dengan 6 tatanan, artinya tahun ini Tangsel harus menyiapkan 2 tatanan lagi yaitu Tatanan 6 Kawasan Pariwisata Sehat dan Tatanan 7 Ketahanan Pangan dan Gizi,” ucap Suhara.

Adapun tujuan dari diadakannya acara ini adalah mengkoordinasikan OPD Terkait untuk persiapan veriflkasi kota sehat tingkat Provinsi Banten dengan kategori WISTARA pada bulan Agustus tahun 2018 nanti.

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya kerjasama yang bersinergi secara maksimal dari semua lintas sektor baik yang terkait secara langsung dan tidak langsung demi terwujudnya Tangsel menjadi Kota Sehat.

Sementara Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan Kota Sehat adalah suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Penyelenggaraannya dicapai melalui penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi

Baca Juga :  Ini Identitas Korban Bunuh Diri di Rel KA Serpong

“Pencapaian Kota Sehat merupakan proses yang berjalan terus menerus menciptakan dan meningkat akan kualitas lingkungan baik fisik, sosial dan budaya, mengembangkan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan potensi masyarakat agar saling mendukung dalam menerapkan fungsi kehidupan dalam membangun potensi maksimal suatu Kota,” ucap Airin.

Airin menghimbau kepada OPD terkait maupun Forum Kota Sehat untuk dapat terus bekerja sama dalam Verifikasi Kota Sehat yang akan dilaksanakan. OPD terkait tatanan yang akan diverifikasi agar melaporkan semua kegiatan nya ke sekretariat Kota Sehat Tangerang Selatan tanpa diminta sesuai dengan tatanan masing masing.

 

Sumber:palapanews

Editor   :imam maskur