Beranda Berita Photo PKM Unpam Bimbing Penataan Manajemen Koprasi BUM

PKM Unpam Bimbing Penataan Manajemen Koprasi BUM

BERBAGI
Saat sesi foto bersama

Pondok Aren, Beritatangsel.com– Sepuluh Dosen Program Studi (Prodi) Manajemen, Universitas Pamulang (Unpam) adakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Penataan Manajemen Koperasi dalam Rangka Mencapai Hasil yang Maksimal” di Koperasi Bangkit Usaha Mandiri (BUM) yang berlolasi di Kelurahan Jurang Manggu Timur Kecamatan Pondok Aren, Minggu (22/4/2018).

Kegiatan PKM yang diselenggarakan di lokasi Koperasi BUM di lahan Koperasi BUM seluas ± 3000 m2 yang mengembangkan bisnis perikanan, pertanian dan perkebunan, diantaranya pembibitan dan pembesaran lele, pembibitan ikan cupang, menanam jagung, singkong, tomat dan lain-lain ini juga dihadiri oleh, Ketua Pelaksana PKM Rahmat Subur, dan beberapa Dosen yang terlibat diantaranya beranggotakan; Kemas Vivi Andayani, Dira Karlina, Sri Retnaning Sampurnaningsih, Jeni
Amdriani, Rini Dianti, Rahmah Farahdita Soeyatno, Yulies Herni, Ryan Elfahmi, Herry Suherman, serta perwakilan Deputy Restrukturisasi Usaha Kementrian Koperasi dan UKM, Abdul Kadir Damanik, Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), Deni Sani Ardi serta belasan Dosen dan 50 orang pelaku bisnis yang merupakan anggota koprasi BUM.

Saat sesi foto bersama

Umarullah Ketua Koperasi BUM dalam sambutan penyambutnya menceritakan bahwa alasan Ia membangun Koprasi BUM adalah untuk bisa bermanfaat pada manusia lain. Dari rasa kepedulian itulah Umarullah membuka koprasi untuk mewadahi para peternak ikan dan petani untuk saling membantu menyiapkan kebutuhan untuk usahanya.

“cinta bangsa sebagian daripada iman dan bisa bermanfaat untuk orang lain adalah prinsip dasar saya dalam mengembangkan Koperasi Bangkit Usaha Mandiri,” ujarnya.

Dalam pemaparan materinya, anggota KPPU, Dedi Sani Ardi, dalam sambutannya mengemukakan bahwa berdasarkan UU No.20/2008 tentang usaha mikro, kecil dan menengah menjelaskan; koperasi harus bisa menjadi mitra masyarakat.

“kedepan untuk itu diperlukan pembenahan-pembenahan dalam manajemen koperasi dan pendampingan yang dilakukan dosen UNPAM dapat bersinergi dalam proses pembenahan tersebut,” Papar Dedi.

Baca Juga :  Si Jago Merah Hanguskan Sebuah Ruko PHD di Bonang

Dihadapan 50 peserta yang merupakan pelaku bisnis anggota Koperasi BUM, Dosen Unpam memberikan 2 materi soal pengelolaan koprasi. Materi pertama adalah; manajemen Pemasaran yang disampaikan oleh Sri Retnaning Sampurnaningsih, dan yang Kedua adalah manajemen keuangan dan akuntabilitas Koperasi, yang disampaikan oleh Jeni Andriani.

Dalam acara tersebut para peserta PKM tampak antusias sekali pada waktu sesi tanya jawab. Beberapa kesimpulan dari sesi tanya jawab yang bisa ditindaklanjuti adalah (1) Dibutuhkan pelatihan untuk menjelaskan hak dan kewajiban anggota koperasi, (2) Adanya kendala bagi koperasi BUM dalam memfasilitasi kebutuhan pakan para anggotanya, (3) Perlu pendampingan pencatatan pembukuan koperasi BUM oleh dosen UNPAM, (4) Koperasi BUM membutuhkan bantuan untuk mendapatkan investasi atau pinjaman untuk meningkatkan skala usahanya, dan (5) Koperasi BUM membutuhkan bimbingan lebih lanjut mengenai ekspor ikan cupang. (Bal)