Beranda Berita Photo Hari Ini, BPTJ Uji Coba Sistem Ganjil Genap Tol Jager

Hari Ini, BPTJ Uji Coba Sistem Ganjil Genap Tol Jager

BERBAGI

Tangerang, Beritatangsel.com – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan berlakukan ujicoba sistem ganjil genap di tol Jagorawi dan Jakarta-Tangerang (Jager) pada hari ini Senin (16/4/2018).

Kepala BPTJ Bambang Prihartono menerangkan, ujicoba pemberlakuan sistem ganjil genap di Tol Jagorawi dan Janger ini, berkaca pada keberhasilan penerapan ganjil-genap di tol Jakarta-Cikampek (Japek).

“Kita di Japek sudah lakukan dan hasilnya positif, alasan itulah kita adakan di tol Jagorawi dan tol Janger, itu alasan pertama,” katanya, Minggu (15/4/2018) di pintu Tol Kunciran 2, Kota Tangsel.

Selain keberhasilan tadi, lanjut dia, penerapan ini juga dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Asian Games, sehingga diharapkan mampu menurunkan kemacetan dan mempersingkat waktu tempuh para atlet ke venue yang disiapkan.

“Alasan kedua adalah sebentar lagi kita akan menghadapi Asian Games. Di mana tantangan utamanya adalah justru di masalah transportasi,” kata dia.

Nantinya selain penerapan kebijakan ganjil genap bagi kendaraan pribadi juga akan diikuti dengan pemberlakuan jalur khusus bus, di lajur 1.“Tol Janger akan diterapkan juga lajur khusus bus dan pembatasan jam operasional angkutan barang golongan III, IV dan V mulai dari Cikupa hingga Tomang, selain ganjil genap tadi,” ucap dia.

Menurut dia truk juga turut andil dalam kemacetan yang terjadi di tol. “Angkutan berat ini menjadi penyebab, tapi tidak satu-satunya, salah satu penyebab kemacetan karena kecepatannya rendah sekali,” kata dia. (red)

Baca Juga :  Puncak Arus Balik, 32.428 Kendaraan Lintasi Tol Karang Tengah Menuju Merak