Beranda Berita Photo 350 Kilogram Bawang Bombay Asal Nigeria Berbahaya Masuk Indonesia

350 Kilogram Bawang Bombay Asal Nigeria Berbahaya Masuk Indonesia

BERBAGI

Kota Tangerang, Beritatangsel.com – Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, mengamankan ratusan kilogram bawang bombay merah asal Nigeria.

Bawang Bombay yang langka tersebut diamankan petugas lantaran tidak dilengkapi sertifikat kesehatan tumbuhan dari negara asal.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Karantina Tumbuhan Bandara Soetta Maulana Budi Dharma menjelaskan, bawang bombay merah tersebut diamankan pada Jumat (16/3/2018) pekan lalu. Sebanyak kurang lebih 350 kilogram bawang bombay merah disita.

“Bawang bombay merah tersebut diamankan karena tidak memiliki sertifikat kesehatan tumbuhan dari negara asalnya,” ujar Budi saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (19/3/2018).

Selain tidak dilengkapi sertifikat untuk masuk ke wilayah Indonesia, bawang yang aromanya sangat menyengat ini juga diduga membawa hama dan bakteri. Bawang-bawang tersebut mengandung Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) A1.

“Dari bawang bombay ini terdapat empat golongan penyakit yang dapat menyerang pertanian lain yang menjadi inangnya di Indonesia, apabila bawang tersebut ditanam di Indonesia. Di antaranya serangga, cendawan (jamur), nematoda (cacing), dan bakteri,” jelasnya.

Menurut Budi, seluruh pemasukan komoditi pertanian yang tidak dilengkapi sertifikat dari negara asalnya, harus di-reekspor ke negara asalnya atau dimusnahkan. Hal ini berdasarkan UU Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.

“Ketika barang tidak dilengkapi sertifikat yang datang dari luar negeri, akan ada dua opsi, yakni di-reekspor atau dimusnahkan. Untuk bawang tersebut akan dimusnahkan dengan cara dibakar di Incinerator,” papar Budi.

“Organisme ini yang dapat merusak, mengganggu kehidupan, atau menyebabkan kematian tumbuhan,” sambungnya.

sumber: Tangerangnews

Editor: Deza

Baca Juga :  Alumni STAN Turun Gunung ke Kelurahan