Beranda Nasional Danau Tangsel Tercemar, Airin Ditegur Menteri Susi

Danau Tangsel Tercemar, Airin Ditegur Menteri Susi

BERBAGI

Pamulang, Beritatangsel.com -Sejumlah danau atau situ di Tangerang Selatan tercemar. Terutama Situ Pamulang yang tercemar banyak sampah.
Sampah – sampah menggenangi situ tersebut. Tampak jorok merusak keindahan pemandangan danau.
Sekdis Lingkungan Hidup Tangerang Selatan, Yepi menjelaskan bahwa kejadian ini memang kerap terjadi. Khususnya di Situ Pamulang.”Karena memang di Pamulang itu dekat Muara, jadinya sampah – sampah ini kumpul di situ,” ujar Yepi kepada Warta Kota, Senin (5/3/2018).
Ia menambahkan terlebih saat ini memasuki musim penghujan. Sampah kiriman dari Muara menepi di Situ Pemulang.
“Sulit untuk dibersihkan, kami sudah menerjunkan full tim,” ucapnya.
Menurutnya berbagai upaya telah dilakukan oleh jajarannya. Kendati demikian sampah tetap saja mencemari Danau Pamulang.
“Kami sudah menjaring sampah – sampah ini, kalau musim hujan begini sampah semakin banyak, yang tadinya sudah bersih ya kotor lagi,” kata Yepi.Yapi menyebut untuk kedepannya, pihaknya akan melakukan sinergi dengan pihak – pihak terkait. Aparatur setempat dan juga masyarakat turut dilibatkan.
“Nantinya kami akan meminta bantuan kepada Ketua RT atau RW untuk berperan dalam membersihkan situ ini. Kami juga mengimbau masyarakat untuk bersama – sama menjaga kebersihan danau dan jangan buang sampah sembarangan. Sebab TPA (tempat pembuangan akhir) di Tangerang Selatan memang sudah penuh kapasitasnya,” ungkapnya.
Ditegur Susi
Keberadaan danau di Tangerang Selatan yang tercemar sempat membuat ramai di jagat media sosial.Bahkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memberikan tanggapannya terkait soal ini.
“Bu Airin berkenan di followup? Terima kasih,” tulis Susi di akun Twitter miliknya.
Ia meminta agar Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany untuk segera menindaklanjuti permasalahan ini.
Sebelumnya netizen memberikan sindiran keras terhadap pemerintahan setempat.
“Pembuangan limbah swasta menyebabkan pendangkalan dan kurangnya daya tampung, seolah pemerintah hanya diam saja,” tweet dari pemilik akun @revi_reonaldy.
Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie berjanji akan mengatasi pencemaran tersebut.”Saya sampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup untuk segera menindak lanjutinya,” imbuh Benyamin dihubungi media.
Sementara itu Yudi (36) warga asal Pamulang menerangkan bahwa danau itu memang terlihat kurang terawat.
Pasalnya, peristiwa ini memang kerap terjadi dan tak ada pemeliharaan dari Pemkot Tangsel terhadap Situ Pamulang.
“Banyak sampah mah sering di sini, harusnya jangan dibiarkan seperti ini terus. Soalnya banyak juga warga yang berdatangan untuk sekadar ngopi dan melihat pemandangan di danau. Tapi kalo keseringan kotor gitu, malu kan,” papar Yudi.

Baca Juga :  Sekolah Malachi 456 Buka Pendaftaran Ajaran 2022 - 2023 Menuju New Normal

Editor:Kelvin
(Sumber:tribun news)