Beranda Berita Photo Tangsel Kekurangan Tempat Pengolahan Sampah

Tangsel Kekurangan Tempat Pengolahan Sampah

BERBAGI
Tangsel Kekurangan Tempat Pengolahan Sampah

Kota Tangerang, Beritatangsel.com – Minimnya tempat pengolahan sampah menjadi penyebab sampah-sampah di Tangerang Selatan (Tangsel) tak bisa ditangani secara maksimal.

Ketiadaan lahan membuat Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Tangsel tidak bisa menciptakan lebih banyak tempat pengolahan sampah.

“Ya memang tempat pengolahan sampah di Tangsel masih kurang karena kami enggak punya lahannya, enggak ada lahannya, sudah habis oleh pengembang-pengembang,” kata Sekretaris Dinas LH Kota Tangsel, Yepi Suherman, Rabu (28/2/2018).

Jumlah tempat pengolahan sampah yang ada saat ini belum sesuai dengan target. Menurut Yepi, tempat pengolahan yang disebut TPS 3R (tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, dan recycle) baru ada 49 unit.

“TPS 3R yang dibangun APBD itu baru 49 dari target 54 dan yang beroperasi sekitar 30 persennya, sementara sisanya itu ya masih tersendat bahkan masih ada yang mangkrak,” kata dia.

TPS 3R tersebut tersebar di tujuh kecamatan yang ada di Tangsel dan dibangun di atas lahan fasilitas umum (fasum).

Untuk pengelolaannya, Dinas LH Kota Tangsel menyerahkan sepenuhnya ke masyarakat dengan membentuk Komunitas Swadaya Masyarakat (KSM).

“Pengelolaannya sebagai usaha mandiri di wilayah karena kami tidak membayar biaya operasional, masyarakat urunan biaya iuran perbulannya dan untuk bayar biaya pegawainya ditentukan berapa per bulannya,” kata Yepi.(fiqih)

Sumber: Kompas.com

Baca Juga :  Bamus Tangsel Serahkan Mesin Pencacah Sampah untuk Warga