Beranda Berita Photo Landasan Pacu Pesawat Bandara Soetta Ditargetkan Dibangun Maret ini

Landasan Pacu Pesawat Bandara Soetta Ditargetkan Dibangun Maret ini

BERBAGI
Landasan Pacu Pesawat Bandara Soetta Ditargetkan Dibangun Maret ini

Kota Tangerang, Beritatangsel.com – Landasan pacu pesawat atau runway 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang ditargetkan dibangun Maret 2018 ini.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano.

“Tanggalnya belum dipastikan. Untuk progress-nya masih dalam persiapaj ground breaking,” ujar Yado kepada Warta Kota di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (1/3/2018).

Ia pun mengaku optimis dapat melakukan peletakan batu pertama dalam pembangunan runway 3 tersebut. Proses pembangunan landasan pacu pesawat ini membutuhkan waktu selama 16 bulan.

“Untuk saat ini tidak ada kendala apa – apa. Memang masih progress pelaksanaan. Target rampungnya di tahun 2019,” ucapnya.

Yado menjelaskan pembangunan ini memerlukan lahan seluas 216 hektar. San saat ini lahan yang berhasil diakusisi sudah mencapai 90 hektar.

Dana pembangunanya diperoleh melalui Penyertaan Modal Negara (PMN). Landasan pacu pesawat 3 Bandara Soetta berdimensi 3.000 meter x 60 meter.

Sehingga bisa didarati pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777.

Menurut Yado, pemambahan runway ini merupakan satu dari langkah antisipasi untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang pada tahun 2025 yang diperkirakan lebih dari 100 juta orang.

Terlebih jumlah trafik pesawat saat lepas landas dan mendarat di Bandara Soetta saat ini berjumlah 72 pergerakan per jam.

Operasional runway 3 diklaim mampu meningkatkan trafik pergerakan pesawat.

“Kalau proses pembebasan lahan untuk pembangunan masih terus berlangsung. Kami berharap berlangsur lancar agar sesuai dengan target yang ditetapkan,” kata Yado.

Editor : Sugianto
Sumber : Warta kota

Baca Juga :  Polres Tangsel Tangkap Seorang Kakek Yang Mencabuli Anak Tetangganya