Beranda Berita Photo Sebanyak 7847 Vitamin A Diberikan untuk Balita

Sebanyak 7847 Vitamin A Diberikan untuk Balita

BERBAGI
Sebanyak 7847 Vitamin A Diberikan untuk Balita

Pamulang, Beritatangsel.com – Dinas Kesehatan Tangerang Selatan melalui Puskesmas Pamulang membagikan sebanyak 7847 Vitamin A untuk bayi usia 6-11 bulan dan balita usia 12-59 bulan.

Pemberian vitamin tersebut dilakukan pada Posyandu, TK dan Paud yang ada di Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan.

Kepala Puskesmas Pamulang, Fitri, mengimbau kepada para ibu atau orangtua di daerah agar membawa anaknya ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan vitamin A.

Ia menambahkan manfaat pemberian vitamin A bagi bayi dan balita di antaranya untuk tumbuh kembang anak, terutama untuk penglihatan, meningkatkan daya tahan tubuh serta terhindar dari infeksi penyakit.

“Untuk itu diimbau kepada ibu-ibu agar membawa anaknya ke puskesmas, posyandu, dan maupun bidan praktek di daerahnya, Taman Kanak-kanak, PAUD, untuk mendapatkan asupan vitamin A secara gratis,” ujar Fitri, Senin (26/2/2018).

Sementara Petugas poli gizi Puskesmas Pamulang Laili, menyebut kekurangan vitamin A dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pada anak.

Terutama anak-anak dengan usia yang masih rentan seperti 6-11 bulan dan 12-59 bulan.

Pemberian suplementasi vitamin A sebanyak dua kali setahun pada bayi dan balita dapat mencegah terjadinya kekurangan vitamin A dan kebutaan.

Terlebih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengurangi kejadian kesakitan dan kematian pada bayi dan balita.

“Salah satu dampak dari kekurangan vitamin A di antaranya adalah terganggunya penglihatan kemudian tubuh rentan terkena infeksi,” ucap Laili.

Untuk pemberian vitamin A di Kecamatan Pamulang, Puskesmas Pamulang membagikan ke 40 Posyandu, 16 Taman Kanak-kanak dan Paud yang tersebar di Kecamatan Pamulang.

“Kami membagikan sebanyak 7847 vitamin A untuk anak bayi dan balita di Kecamatan Pamulang,” katanya.

Menurutnya pemerintah selama ini telah rutin memprogramkan bulan pemberian vitamin A pada balita yakni setiap Februari dan Agustus.

Baca Juga :  Melalui PKM, Mahasiswa/i UNPAM Ajak Masyarakat Limo, Depok Bangun Bisnis Praktis Guna Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Selama Pandemi

“Selama ini cakupan pemberian vitamin A pada balita di Kecamatan Pamulang sudah cukup baik, yakni rata-rata di atas 90 persen,” papar Laili.

Editor : Sugianto
Sumber : warta kota