Beranda Berita Photo Pemilu Presiden Osis Kembali di Gelar

Pemilu Presiden Osis Kembali di Gelar

BERBAGI

Kota Tangerang, Beritatangsel.com Setelah melaksanakan masa kampanye selama 1 minggu, OSIS MTs. Negeri 3 Kota Tangerang yang berlokasi di sebelah selatan Bandara Soekarno Hatta Kota Tangerang  menggelar pemilihan Umum  (PEMILU)  “Presiden” OSIS priode 2018 -2019, Pemilu itu dilaksanakan karena masa bhakti Pengurus periode 2017 -2018 telah berakhir. Rabu, (07/02/2018) lalu.

Meski ditingkahi oleh rintik hujan pelaksanaan pemilihan tetap dilaksanakan di halaman depan. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun itu menjadi ajang pembelajaran demokrasi kepada seluruh siswa.

“Selama ini pembelajaran berpolitik dan berdemokrasi hanya pada tataran teori. Tapi kami, di MTs Negeri 3 Kota Tangerang berupaya mengenalkan etika bermasyarakat dan berbangsa dalam bentuk praktek.” Imbuh Mualimin, S. Ag selaku guru PKn.

Pemilu diikuti oleh empat pasang calon yaitu : Arni Nurmayani berpasangan dengan Sherly Puspitasari pasangan nomor urut 1, Indri Fitriyani berpasangan dengan Irsyad Kurniawan pasangan nomor urut 2, Ira Aprilia bersama Muhammad Rangga pasangan nomor urut 3, dan Badrina Alfi berpasangan dengan Rizki Arif Ramdhan sebagai pasangan bernomor 4. Sebelum pelaksanaan pemilihan,  para calon wajib mengikuti beberapa  tahapan.

Tahapan pertama adalah pendaftaran dan tes akademis. Pada tahapan ini seluruh calon kandidat mengisi soal-soal yang berkaitan dengan mata pelajaran umum dan agama.

Tahapan kedua para calon harus mampu merekrut tim sukses  dan  membuat basecamp untuk tim pemenangan.

Tahapan ketiga adalah debat kandidat  tentang program unggulan. Tahap keempat adalah kampanye di tiap kelas, dan terakhir adalah pencoblosan.

Kepala Madrasah Drs. H, Khoirul Anwar, M. Pd, dalam bincang-bincang  di sela acara pemilihan, mengatakan : “Ini adalah kegiatan pembelajaran demokrasi nyata. Di sekolah lain setingkat SMP belum tentu melaksanakan kegiatan  dengan design seperti sesungguhnya. Tapi kami dari tahun 2011 sudah memberikan pembelajaran ini kepada siswa kami.

Baca Juga :  Dandim 0510/Trs Pimpin Rapat Persiapan Pembukaan TMMD 102

kami berharap dari sini lahir pemimpin yang amanah dan memahami demokrasi secara utuh. Mereka diajarkan bagaimana menghormati perbedaan pendapat, perbedaan pilihan dengan satu tujuan kemajuan madrasah.”  Selaku penanggung jawab dan police maker madrasah, Drs. H. Khoirul Anwar berpesan agar kegiatan ini terus di gelar meski minim pendanaan. Ia menitipkan madrasah kepada generasi selanjutnya, agar madrasah tetap eksis di mata masyarakat secara umum, paparnya

Dalam pemilihan “Presiden” OSIS itu terpilih sebagai pemenang adalah pasangan nomor urut 2 yaitu pasangan  Indri Fitriyani dan Irsyad Kurniawan dengan perolehan suara 278 suara.

Kemudian disusul oleh pasangan nomor 3 yaitu Ira aprilia dan Muhammad Rangga dengan 135 Suara. Urutan ketiga yaitu Badrina Alfi dan Rizki Arif Ramadhan dengan perolehan 127 Suara, dan terakhir pasangan Arni dan Sherly mendapat 102 suara. Total suara yang masuk 668 dengan 26 suara tidak sah.

Dalam sesi pengumuman pemenang pemilihan sekaligus acara penutupan, Bapak Didin Fitriyadin selaku  Pembina OSIS menyebutkan bahwa untuk 1 minggu ke depan “presiden” OSIS  terpilih harus sudah menyerahkan daftar kabinetnya kepengurusan untuk priode 2018 – 2019, untuk memudahkan Pembina untuk mengarahkan program kerja ke depan. (Din/Ipin)