Beranda Berita Photo Universitas Pamulang Jalin Kemitraan, Dengan Koperasi Bangkit Usaha Mandiri

Universitas Pamulang Jalin Kemitraan, Dengan Koperasi Bangkit Usaha Mandiri

BERBAGI

PAMULANG, Beritatangsel.com – Universitsas Pamulang melalui Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan (PINBIK) sedang menjajaki kemitraan dengan sejumlah petani budidaya ikan air tawar yang tergabung di Koperasi Bangkit Usaha Mandiri (BUM). diharapkan kemitraan ini nantinya akan di titik beratkan pada bidang kewirausahaan dan penyiapan generasi muda yang memiliki potensi untuk menjadi wirausahawan.

Sebelumnya kata Ketua PINBIK Sunanto, telah dilaksanakan pertemuan dengan sejumlah pengurus Koperasi, dilokasi kolam budidaya lele milik Agus Setiawan di perumahan Witanaraharja, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), sekaligus sosialisasi tentang peran lembaga ini yaitu selain mencetak wirausahawan muda, juga mendorong terciptanya produk-produk inovatif.

Dijelaskan Ketua PINBIK Sunanto, Banyak sekali potensi-potensi yang bisa dikelola secara bersama-sama di UNPAM diantara usaha budadaya lele. Dengan melihat potensi besar peluang pasar yang masih terbuka maupun dari sisi proses budidaya yang tidak terlalu rumit.

“Pada prinsipnya mereka siap memberikan dukungan kepada UNPAM untuk mengembangkan wirausahawan muda maupun dalam aspek-aspek yang lainnya.Maka segmen usaha ini dapat dikembangkan pada komunitas-komunitas yang membutuhkan peluang usaha dan lapangan pekerjaan,“kata Sunanto, Sabtu (16/12/2017)

Sementara itu ketua koperasi Bina Usaha Mandiri Umarulloh menyambut baik tawaran yang disampaikan pihak UNPAM dan akan terus membuka kerja sama yang saling sinergis dengan semua pihak yang memiliki perhatian yanga sama. Selain pendampingan agar pengembangan budidaya lele terus berkembang.

“Sebagai wujud komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan saat ini sedang membuat membuat program pengembangan usaha lele. Kami melakukan pelatihan pembenihan lele sangkuriang dan budidaya dengan sistem bioflok. Lele sendiri sengaja dipilih karena berbagai keunggulan,“kata Umarulloh.

Dalam pengembangan usaha ini kata Umarullah, dibutuhkan komitmen dan keinginan untuk belajar para petani dampingan atau pemuda yang akan menjadi sasaran program. Diutamakan mereka mempunyai lahan pekarangan untuk kolam, sebagai upaya meminimalisir biaya sewa.

Baca Juga :  Drainase Buruk, Beberapa Ruas Jalan di Tangsel Sering Tergenang Air Dikala Turun Hujan

“Walaupun tidak semua anggota mendapatkan kesempatan untuk menjadi mitra program lele ini. Tetapi setidaknya ada sebagian dari anggota koperasi bisa mendapatkan program ini, untuk mengembangkan roda perekonomian,”ujarnya. (Abah)