Beranda Berita Photo Ribuan Anak Di Tangsel Diimunisasi Vaksin Difteri

Ribuan Anak Di Tangsel Diimunisasi Vaksin Difteri

BERBAGI

Pamulang, Beritatangsel.com – Pemkot Tangsel memberikan pelayanan imunisasi vaksin difteri secara gratis. Imunisasi dilakukan disejumlah sekolah, posyandu, puskesmas dan rumah sakit yang berada di Tangsel.

Seperti salah satu tempat imunisasi yakni di Puskesmas Pondok Benda, Pamulang, Kota Tangsel. Penanggung jawab imunisasi Puskesmas Pondok Benda, Bidan Nila Destasari mengatakan target yang akan dilakukan imunisasi oleh pihaknya sebanyak 12.758 orang anak.

“Kami menargetkan 12.758 orang anak dapat kami berikan imunisasi vaksin difteri,” ungkap Nila, Senin (11/12/2017).

Nila menuturkan bahwa imunisasi vaksin difteri itu akan diberikan untuk mereka yang berusia hingga 19 tahun atau telah duduk di bangku perguruan tinggi.

“Ya, meski sejauh ini virus difteri banyak menjangkin anak-anak dan balita, tapi kami akan tetap berikan imunisasi ini sampai usia 19 tahun. Kita juga sudah beri kabar ke kader-kader sekolah dan posyandu. Nanti siang juga ada mahasiswa yang akan melakukan imunisasi,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Nila menyampaikan, sudah ada 24 puskesmas di bawah naungan Dinas Kesehatan Kota Tangsel yang mendapat instruksi wajib menyelenggarakan imunisasi difteri.

“Sampai saat ini jumlah pendaftar sudah 49 orang. Jumlah itu kemungkinan akan bertambah,” ucapnya.

Kepada awak media, Nila juga menuturkan bahwa pihaknya baru menerima laporan terbaru dari masyarakat bahwa ada satu warga yang terjangkit difteri. Namun, pasien tersebut dikabarkan sudah sembuh dan tak lagi diopname.

“Dia terkena waktu di pesantren di Kabupaten Tangerang. Cuma KTP-nya di sini, jadi tetap pelaporannya di sini. Tapi sudah ditangani, pasiennya juga sudah baik lagi,” terangnya.

Sejauh ini, Tangerang memang tercatat jadi pusat penyakit tersebut, yang kemudian menyebar hingga kasus difteri di Jakarta masuk dalam kasus kejadian luar biasa (KLB), karena mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun lalu.

Baca Juga :  Bang Ben Ikut Pilkada, Airin : Itu Hak Demokrasi Semua Orang !

Karena itu, Kementerian Kesehatan telah menjadwalkan imunisasi difteri serentak di tiga provinsi yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Dan imunisasi ini dilakukan mulai 11 Desember 2017.

Lebih rincinya, ada 12 wilayah kota dan kabupaten yang jadi cakupan objek pemberian imunisasi tersebut, antara lain Kota Tangerang dan Tangsel, Kabupaten Tangerang, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Purwakarta, Karawang, Bekasi, Kota Bekasi, serta Depok. (Red)