Beranda Berita Photo FILM: Silat Asli Betawi Belendung Besi Marhali Yang Akan Ke Layar Lebar

FILM: Silat Asli Betawi Belendung Besi Marhali Yang Akan Ke Layar Lebar

BERBAGI

Kota Tangerang, Beritatatangsel.com Tak ingin seni budaya lokal punah tergerus jaman atau diklaim milik  daerah lain, anak-anak muda wilayah Benda pencinta budaya Betawi  terus giat melakukan upaya pengenalan pelestarian kultur warisan nenek moyang kepada masyarakat.

Pengenalan dan pelestarian yang dilakukan para anak muda yang dinaungi Aladzka Studio pimpinan Ahmad Badawi ini di antaranya mengangkat kisah tokoh silat Betawi Besi Marhali melalui sinema.

Hal tersebut, Silat Betawi Besi yang dikembangkan Marhali, hasil berguru kepada Lie Ceng Oek di daerah Dadap, wilayah pesisir Utara Tangerang.

“Setelah lama berguru silat kepada Lie Ceng Oek, Marhali pria asal Dadap mengembara ke daerah Belendung (kini masuk wilayah Benda setelah pemekaran dari Batuceper). Di Belendung ia menikah dengan wanita setempat, Jeli. Hasil pernikahan dengan Jeli ia dikarunia 10 anak”. Kata Ahmad Badawi Pimpinan Studio Aladzka kepada Beritatangsel.com di Pulau Cipir atah pulau khayangan Kepulauan Seribu. Minggu, (10/9/2017)

Perlu diketahui, Di Belendung Marhali terus mengembangkan seni budaya silat Betawi Besi. Selama dua puluh tahun di Belendung, Marhali terus memperkenalkan silat Besi kepada para pemuda di kawasan Belendung, Batuceper yang sekarang menjadi Benda, terus menyebar sampai seantero tanah Betawi.

Pimpinan Aladzka Studio, Ahmad Badawi menjelaskan, Belendung adalah tanah kelahiran silat Betawi Besi.

“Ini saya tegaskan, asal muasal silat Besi itu Belendung. Daerah lain cuma melestarikan Besi,” tegas Ahmad Badawi didampingi para pesilat Besi, Hardi Alamsyah (Sanggar Almakot) Ibnu Maulana keterunan ke tiga H Marhali (Sanggar H Marhali) dan Ari Robbani (Sanggar PBKJ)”. Ujarnya

Mengaji Saat Shooting Foto:Istimewa

Masih kata Ahmad Badawi, seni budaya lokal khususnya silat Besi tidak akan tergerus jaman asalkan masyarakat terus melestarikannya. Ia merasa prihatin seni beladiri asing tumbuh kembang pesat di negeri ini, sementara warisan nenek moyang bangsa Indonesia se akan terabaikan.

“Saya yakin seni budaya lokal ini mempunyai nilai tinggi jika kita sebagai pewaris terus mengembangkan dan melestarikannya,”  Tuturnya

Tanpa dukungan dana dari mana pun atau atas biaya sendiri, Ahmad Badawi sekuat tenaga menyuguhkan film silat  Betawi ini kepada masyarakat luas. Para pendukung film silat Besi ini mereka yang mencintai seni budaya lokal.

“Semua kru dan pemain dalam film ini tanpa dibayar. Mereka memiliki dedikasi dan kecintaan yang tinggi kepada seni budaya silat Besi Betawi,” jelasnya.

Ahmad Badawi pun tengah mengupayakan agar Dinas Pendidikan Kota Tangerang memberi dukungan penuh melalui rekomendasi agar film dokumenter silat Besi Betawi bisa ditonton oleh 187 SMP se-Kota Tangerang dan berencana di angkat ke layar lebar dalam waktu dekat.

“Saya sudah menghadap Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Pak Abduh Surahman untuk dukungan ini. Pak Abduh berjanji akan memberikan surat rekomendasi kepada seluruh SMP se-Kota Tangerang guna memberi ruang agar film ini bisa ditonton para pelajar di sekolah-sekolah,” Tegasnya

Dukungan moril dari para tokoh masyarakat, menurutnya sangat kuat. Maka itu ia tetap semangat mengangkat kisah silat Besi ke dalam bentuk film.

“Di youtube, trailer film silat Besi produksi Alaska Studio jumlah viewer telah mencapai 12 ribu. Badawi menargetkan film silat Besi Marhali ini rampung dalam waktu dekat”. Ungkapnya (ipin_pic)

Baca Juga :  Sekkel Pondok Cabe Udik dan Aktifis Lingkungan Tinjau Bank Sampah