Beranda Berita Photo LSM PIN Adakan Workshop Pemuda dan Kewirausahaan

LSM PIN Adakan Workshop Pemuda dan Kewirausahaan

BERBAGI

Pondok Kacang, Beritatangsel.com–Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemuda Investasi Nusantara (PIN) menggelar Workshop mengelola dan mengembangkan Ide bisnis dengan tema ‘Mewujudkan Pemuda Mandiri, Kreatif, Dalam Berwirausaha Untuk Mensukseskan NAWACITA’ di Aula Kantor Kelurahan Pondok Kacang, Sabtu (9/9/2017) pagi.

Hadir sebagai pembicara dalam acara itu, Drg. Gidi Dahlia M.Kes, Plt kadis Koperasi Tangsel, Moh. Nurul Rahmah S.T, M.M Kabid lembaga kewirausahaan deputi bidang pengembangan SDM Kementrian Koprasi, Pitri Yandri, S.E, M.si Kepala Penelitian, Pengabdian, dan Pemberdayaan Masyarakat LP3M STIEAD (Ahmad Dahlan) dan terakhir Alip Purnomo pengusaha dan wirausahawan.

Dalam Pidato sambutannya, Ketua Pelaksana kegiatan, Jeffry edi triswanto, menjelaskan, Kegiatan ini untuk memacu para insan muda agar mandiri, bahwa dengan berwirausaha dapat meningkatkan taraf ekonomi seseorang.

“Tak perlu khawatir persaingan ekonomi yang semakin ketat, justru dengan kreativitas pemuda yang unggul, bisa menimbulkan ide-ide brilian dfalam menciptakan produk yang inovatif” Tegasnya.

Di hadapan puluhan peserta yang hampir semua adalah generasi muda dan banyak diantaranya adalah mahasiswa, Gidi Dahlia sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh PIM ini.

Foto: Gidi Dahlia Saat pemaparan materi

“Kami sangat mengapresi langkah PIM ini, harapan kami PIM bisa menjadi pelopor untuk acara-acara seperti ini, karena dengan kegiatan seperti ini PIM secara langsung telah membantu program yang dicanangkan pemerintah” Ujar Dahlia, dalam paparan materinya.

Hal sama pun dipaparkan Moh. Nurul Rahmah S.T, M.M Kabid lembaga kewirausahaan deputi bidang pengembangan SDM Kementrian Koprasi, dalam paparannya Ia mengingatkan para peserta untuk bisa yakin dalam usahanya dan yakin bisa mencari ide usahanya.

“Kalian para pemuda harus yakin dalam usaha yang kalian jalankan, dan yang masih belum punya usaha dan sedang mencari ide, yakinkan diri kalian untuk bisa konsisten akan pilihan yang kalian akan pilih itu, kreatif dan inovatif kuncinya” Papar Nurul Rahmah.

Baca Juga :  DPW PPP Banten Konsolidasi Jelang Agenda Politik Tahun 2018

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Pitri Yandri, S.E, M.si Kepala Penelitian, Pengabdian, dan Pemberdayaan Masyarakat LP3M STIEAD (Ahmad Dahlan) menegaskan, pemuda harus mau jadi wirausahawan, meski pandangan orang sekarang lulus Sma atau Kuliah harus menjadi pekerja dan hanya sedikit yang memilih menjadi wirausahawan

“jangan minder jadi pengusaha, meski berpenghasilan kecil, kita tidak pernah tau, usaha kita akan maju, optimis, Masyarakat Ekonomi ASEAN bukan ancaman, tapi peluang” Papar Pitri Yandi.

Kami bersyukur, lanjut Yandri, dari pemaparan Bu Sekdis Gidi Dahlia bahwa dari pemkot sudah ada program pengembangan untuk Pemuda.

Senada dengan ketiga pembicara lain Alip Purnomo, Wirausahawan yang juga ketua Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil (Pupuk), memaparkan kiat-kiat mencari ide dalam memulai usaha, menurutnya kesulitan dan solusi adalah kunci utama mencari ide membuka usaha.

“kesulitan terbesar memulai bisnis adalah menemukan ide bisnis, dari data BPS itu indonesia itu 99% nya Ukm namun perlu diketahui kebanyakan dari itu adalah reseller atau penjual tangan kedua atau ketiga yang notabene produk-produk luar negeri, kita masih sedikit yang bisa berinovasi mencipta hal baru, padahal kita ketahui Bisnis adalah, setiap ada masalah, kita menemukan solusinya, itu adalah bisnis” Paparnya.

Dalam kesempatan itu pula Alip memaparkan tentang peluang usaha budidaya pohon kelor, pohon yang selama ini kita tahu banyak tumbuh di sekeliling kita namun kita belum tahu banyaknya manfaat dari tumbuhan itu.

“Jadi peluang usaha itu banyak sekali, seperti Kelor ini pun bisa jadi peluang usaha yang cukup menggiurkan” Pungkasnya. (Iqbal)